Rabu 17 Nov 2010 03:35 WIB

Presiden SBY: SDM Kunci Sukses Bangsa

Rep: ikh/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan, kunci kesuksesan sebuah bangsa terletak dari kualitas sumber daya manusia (human capital). Hal itu menjadi rahasia kesuksesan Tiongkok, Korea Selatan, dan Vietnam. Kesuksesan suatu negara, kata Presiden, sebenarnya tidak terkait dengan sistem politik dan ideologi negara.

"Ternyata faktor utama bagi keberhasilan pembangunan sebuah bangsa itu pada unsur manusianya, human capital. Human capital ini bukan hanya oleh barangkali penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka yang memiliki karakter atau mindset sebagai bangsa yang optimis berpikir positif dan karakter sejenis, tapi satu hal adalah mereka yang bersedia mau dan terus bekerja dengan keras," kata Presiden.

Presiden mengingatkan, Tiongkok sekian puluh tahun yang lalu yang kondisinya belum seperti sekarang, banyak ketertinggalan banyak masalah, tapi sekarang menjadi emerging economies. Tiongkok juga bukan sepi dari bencana, namun bisa kembali kondisinya lebih baik sebelum terjadinya bencana. "Ternyata kerja keras sebuah bangsa semua mulai dari pemimpinnya sampai yang di ujung paling depan itu bersatu padu bekerja dengan keras," kata Presiden.

Indonesia harus memetik pelajaran dari kesuksesan negara lain. Dengan demikian, kata Presiden, kalau Indonesia ingin berubah lebih pesat lagi 10-20 tahun mendatang resep utamanya adalah kerja keras dari seluruh rakyat Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement