Sabtu 06 Nov 2010 05:46 WIB

Kongres ke-27 HMI akan Kupas Martabat Indonesia

Rep: c41/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Himpunan Mahasisw Islam (HMI) akan menggelar kongres ke-27 di Graha Insan Cita (GIC) Depok, Jawa Barat. Kongres yang akan berlangsung besok hingga 10 November itu akan mengusung tema “Sinergi HMI untuk Indonesia Bermartabat”.

Menurut Ketua Umum HMI, Arif Mustofa, tema ini diusung untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah tentang pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Indonesia belum berada di jalur yang benar untuk menjadi bangsa yang disegani, bahkan di kawasan Asia Tenggara,” ujar ketua umum HMI Periode 2008-2010 ini saat dihubungi Jumat (5/10). Kongres akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alifian Mallarangeng.

Untuk memperkuat tema yang digagasnya, HMI mengundang BJ Habibie, ikon teknologi Indonesia, agar memberikan pidato dalam studium generale di hari pembukaan kongres besok. Selain Habibie, studium generale akan diisi oleh mantan ketua DPR, Akbar Tanjung; mantan wakil presiden, Jusuf Kalla; dan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD.

Selain mengagendakan pemilihan ketua umum HMI periode 2010-2012, kongres ini juga akan membahas isu-isu nasional seputar demokrasi, kesejahteraan masyarakat, dan otonomi daerah. “Kami juga akan mengevaluasi perjalanan demokrasi serta seleksi pemimpin yang berbiaya mahal,” tambah Arif.

Sebanyak 12 calon yang akan bertarung menuju kursi HMI-1 yang telah lolos seleksi Steering Committee HMI yang akan ditentukan pada hari terakhir kongres. Kongres ini akan dihadiri hampir 200 cabang HMI di seluruh Indonesia dengan total peserta mencapai 732 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement