Senin 25 Oct 2010 18:54 WIB

Presiden SBY: Fokus Pemerintah Penanganan Wasior dan Merapi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemerintah dalam sepekan ini memfokuskan tindak lanjut pascatanggap darurat di Wasior, Papua Barat serta persiapan penanganan potensi gunung meletus di Gunung Merapi, Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma sebelum berangkat menuju Shanghai, Cina untuk kunjungan kerja.

"Dua hal itu yang menjadi perhatian saya untuk ditangani minggu ini dan Wapres akan memimpin jalannya pemerintahan sehari-hari (selama presiden melakukan kunjungan ke luar negeri-red)," kata Kepala Negara.

Untuk penanganan pascabencana di Wasior, Presiden mengatakan pemerintah akan mulai membangun hunian sementara sambil menunggu selesainya proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir bandang di wilayah tersebut.

"Kelanjutan tanggap darurat di Wasior untuk membangun tempat hunian sementara dengan kemudahannya sebelum rehabilitasi dan rekonstruksi. Menko kesra dan Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) akan memimpin itu dibantu Panglima TNI karena ada pengerahan TNI untuk bantu itu meski gubernur Papua Barat menjadi penjurunya," kata Kepala Negara.

Presiden mengharapkan target pembangunan hunian sementara dan proses rehabilitasi serta rekonstruksi dapat selesai tepat waktu. Sementara itu, terkait Merapi, Presiden menugaskan Menko Kesra dan Kepala BNPB untuk berkunjung ke Yogyakarta dan Jawa Tengah guna mengkoordinasikan penanganan bila gunung tersebut meletus. Meski demikian, Kepala Negara mengatakan, gubernur Jawa Tengah dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta tentu sudah mempersiapkan langkah bila Gunung Merapi meletus. "Ada aktivitas di Gunung Merapi, di perbatasan Jawa Tengah yang memerlukan antisipasi, sekaligus mempersiapkan tempat apabila pengungsian dilakukan," katanya menegaskan.

Presiden akan melakukan lawatan ke China dan Vietnam hingga 31 Oktober 2010. Di Cina, Presiden akan mengunjungi paviliun Indonesia di World Expo. Sementara di Vietnam, Presiden akan hadiri KTT ASEAN dan pertemuan puncak East Asia Summit. Ikut dalam rombongan Presiden antara lain Menko Perekonomian Hatta

Rajasa, Mendag Mari Elka Pangestu, Menperin MS Hidayat, Mensesneg Sudi Silalahi, Ketua BKPM Gita Wirjawan dan sejumlah pejabat lainnya. Presiden tinggal landas sekitar pukul 07:30 WIB dari Bandara Halim

Perdanakusuma, Wapres Boediono dan Ibu Herawati Boediono melepas keberangkatan Presiden.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement