Selasa 12 Oct 2010 01:36 WIB

Menhub Duga KRD Rangkasbitung-Tanah Abang Dibakar

Rep: ikh/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Perhubungan Freddy Numberi menduga kebakaran Kereta Rel Diesel (KRD) Rangkasbitung-Tanah Abang yang terbakar di Rangkasbitung pada Senin (11/10) dini hari tadi disebabkan faktor kesengajaan. Freddy meminta Kapolda untuk memastikan penyebabnya.

"Yang kita herankan kalau satu gerbong saja mungkin itu karena kecelakaan, tapi ini kan 17 (gerbong). Apakah ada unsur kesengajaan, itu yang tadi saya minta dari Kapolda, tolong dituntaskan saya minta," kata Freddy di Kantor Presiden, Senin (11/10).

Freddy mengatakan, kejadian tersebut kini sedang didalami pihak kepolisian. Menurut dia, kereta terbakar dalam kondisi tak bergerak. "Kereta itu kan tidak bergerak, dalam keadaan diam. Rangkaiannya akan dipersiapkan dari Rangkasbitung ke Tanah Abang, kemudian terbakar," katanya. Kejadian pukul 1.15 WIB, baru dipadamkan pukul 3.40 WIB.

Ketika ditanya proses pengawasan terhadap kereta, Freddy mengatakan, "Pihak (PT) Kereta Api juga mengakui bahwa memang pengawasan di situ memang masih lemah, sehingga kereta api itu sering dipakai untuk tidur dan sebagainya. Itu juga dari aspek keamanan kan kurang baik," katanya.

Freddy menegaskan pihaknya tetap membantu penumpang agar tetap bisa diberangkatkan ke Tanah Abang dan kereta lain tak terhambat. "Tadi sudah saya bilang ke Dirjen (Perkeretaapian), Dirjen saya suruh turun ke sana, supaya segera mencari solusi supaya penumpang yang ada segera terangkut," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement