Rabu 25 Aug 2010 06:17 WIB

Pansel KY Seleksi 40 Calon Komisioner

Rep: Indah Wulandari/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Panitia Seleksi Komisi Yudisial (Pansel KY) memproses 40 calon komisioner KY dalam profile assesment. Proses yang dilakukan setelah seleksi administrasi dan seleksi penulisan makalah dilakukan selama dua hari yaitu, 24 dan 25 Agustus di Hotel Bidakara, Jakarta.

"Proses profile asessment dibantu oleh lembaga independen. Semua 40 peserta hadir," ujar Sekretaris Pansel KY, Tadjum, Selasa (24/8).

Proses profile asessment dibagi menjadi dua tahapan, yaitu psikotes dan diskusi kelompok. Psikotes dilakukan mulai pukul 12.00 WIB. Proses ini dilanjutkan dengan melakukan diskusi kelompok yang lebih kecil. Mereka, imbuh Tadjum, dibagi menjadi tujuh kelompok untuk diskusi pemecahan masalah.

Menurut Tadjum, profile asessment adalah salah satu cara untuk menjaring komisioner KY yang sesempurna mungkin. "Ini kan KY. Dia punya tugas memilih calon hakim, memilih hakim agung,menegakkan kode etik hakim, integritas hakim. Pokoknya yang kredibel, profesional, berwawasan luas, mampu bekerja terus-menerus tanpa pamrih, juga bisa kerja tim," jelasnya.

Selanjutnya, pengumuman hasil profile asessment masih akan menunggu rapat pleno Pansel KY. Tadjum memperkirakan hasil itu akan diumumkan pada 31 Agustus atau 1 September. Lalu, tahap berikutnya akan dilanjutkan ke proses wawancara pada 6, 7, dan 8 September mendatang.

"Nanti baru kami dapatkan 14 nama, yang kemudian disampaikan ke presiden," tegas Tadjum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement