Jumat 06 Aug 2010 04:41 WIB

Pemerintah tak Intervensi Wacana Pemindahan Ibukota

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan pemerintah tidak akan mengintervensi wacana pemindahan ibukota, agar masyarakat bisa ikut berdiskusi secara leluasa.

"Saya tidak mau menggiring opini, biar masyarakat yang memilih dengan kelebihan dan kekurangannya," kata Gamawan ketika ditemui di sela-sela rapat kerja nasional di Istana Bogor, Kamis.

Menurut Gamawan, masyarakat pasti memiliki pertimbangan jika ingin ibukota dipindah. Mereka pasti juga memiliki alasan jika ingin mempertahankan Jakarta sebagai ibukota.

Gamawan menjelaskan pemindahan ibukota adalah wacana yang serius dan butuh kajian mendalam. Sejumlah faktor harus diperhitungkan jika wacana itu benar-benar akan dilaksanakan, antara lain pembiayaan, tata kota, dan sebagainya.

Gamawan mengaku telah berdiskusi dengan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo tentang wacana pemindahan ibukota. Keduanya sepakat untuk membiarkan wacana itu bergulir, sambil melihat perkembangan pendapat seluruh elemen masyarakat.

"Biar saja wacana itu menggelinding," kata Gamawan. Menurut Gamawan, Presiden Susilo Yudhoyono membuka ruang diskusi selebar-lebarnya tentang wacana tersebut demi kebaikan bersama.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement