Senin 26 Jul 2010 03:45 WIB

ICMI Sumsel Roadshow Alquran dan Teknologi

Rep: maspriel aries/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orwil Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar seminar “Alquran dan Teknologi.” Seminar yang dimaksudkan menyebarkan “virus” demam Alquran kepada mahasiswa dan masyarakat tersebut dilaksanakan di kampus dan masjid yang ada di daerah ini.

 

Bachrul Ilmi Yakup Ketua Divisi Hukum dan Kebudayaan ICMI Orwil Sumsel, Ahad  (25/7), mengatakan, gerakan ini sudah dilakukan sejak 18 Juni lalu diawali di Kampus Universitas IBA Palembang dan terus menyebar ke kampus lain. “Hingga kini kegiatan ini terus menyebar dan mendapat respon positif masyarakat.”

 

Bahrul menjelaskan, gerakan menyebarkan “virus” demam Alquran mempuyai target memberikan pemahaman tentang eksistensi Alquran. Kegiatannya dimulai dari enam univesitas, enam masjid dan dua Politeknik. “Kemudian ‘virus’ demam Alquran juga mendapat respon masyarakat di kota Kayu Agung, Prabumulih, Baturaja, Lahat, Pagaralam dan Lubuklinggau.

 

“Kabar terakhir kami terima, gerakan ini mendapat respon positif dari masyarakat di luar Sumsel seperti di Kepulauan Riau, Batam, sampai ke Malaka dan Johor. Gerakan ini menyebar luas melalui alumni mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya di kota dan daerah tersebut,” tambahnya.

 

”Pada 9 Agurs mendatang road show gerakan ‘virus’ demam Alquran akan dilaksanakan di kampus Universitas Sriwijaya dengan menghadirkan pembicara utama Dr Ing Ilham Habibie pakar mesin pesawat yang terinspirasi dari Alquran, Prof Ir H Fachrurozi Syarkowi MSc, Ph.D, Dr Anis Saggaf MSc dan Dr Ir H Faisal, MSc,” ujar Ketua Divisi Hukum dan Kebudayaan ICMI Orwil Sumsel

 

Sementara itu pengurus ICMI Orwil Sumsel Prof dr Mgs H Usman Said SpOG (K) mengatakan, dalam road show ICMI juga akan memaparkan kiprah ulama Palembang Darussalam seperti Syech Muhammad Saman, Syech Abdul Somad Al-Palembani, Syech Abdul Hamid atau Ki Marogan. “Selain itu pada 17 Ramadhan mendatang akan ditetapkan sebagai Tahun Kampanye Alquran.”

 

Usman Said juga menyoroti ada pergeseran sikap umat saat ini terhadap Alquran sehingga perlu diluruskan kembali sesuai dengan garis orbitnya. “Alquran bukan dogma, tetapi Alquran merupakan sumber inspirasi kehidupan,” katanya.

 

Staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya itu menegaskan, ”Alquran mukjizat sepanjang zaman. Alquran tidak sekedar bacaan, tetapi terdapat rahasia-rahasia yang tersirat. Misalnya, Goa Kahfi yang menyimpan rahasia dimana Allah SWT menakdirkan tujuh pemuda tidur selama 310 tahun dengan kondisi tubuh tetap utuh dan awet. Dibalik kisah ini ada rahasia teknologi pengawetan.”

 

Rahasia itu menurut Usman Said yang dikembangkan ilmuwan Barat yang saat ini menemukan teknologi pengawetan sperma hingga bisa bertahan hidup selama 20 tahun. “Gua Kahfi sendiri kini menjadi objek penelitian.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement