Sabtu 03 Jul 2010 03:24 WIB

Gabung ke Konfederasi, 17 Partai Kecil Perlu Restu SBY?

Rep: Andri Saubani/ Red: Budi Raharjo
Partai Demokrat, ilustrasi
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Partai Demokrat, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tujuh belas partai kecil yang tergabung dalam Forum Persatuan Nasional (FPN) menyatakan tertarik dengan ide konfederasi partai yang digulirkan PAN. Namun untuk bergabung dengan konfederasi ini apakah FPN perlu restu dari Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY)?.

''Masalahnya forum ini terikat komitmen untuk mendukung pemerintahan SBY,'' kata Ketua Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Amelia Yani, saat dihubungi, Jumat (2/7).

Amelia mengaku belum bisa memberikan sikap resmi partainya atas ide konfederasi partai yang ditawarkan PAN. Menurutnya, 17 partai kecil yang tergabung dalam FPN perlu berkoordinasi terlebih dahulu sebelum memutuskan bergabung atau tidak ke dalam suatu konfederasi.

Menurut Amelia, sejak berkomitmen menjadi pendukung pemerintah, 17 partai hingga kini belum pernah mendapat  kompensasi apapun. Karenanya, FPN perlu menunggu keputusan dari SBY terkait masa depan partai kecil. ''Yang 17 (partai) ini belum diapa-apain, harus menunggu komitmen SBY apakah partai-partai kecil ini bisa jalan sendiri atau bagaimana ke depannya,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement