Jumat 25 Jun 2010 04:59 WIB

TNI Segera Selidiki Insiden Pesawat Jatuh

Rep: Yasmina Hasni/ Red: Budi Raharjo
Pesawat latih milik TNI AU sejenis ini yang jatuh di Denpasar
Pesawat latih milik TNI AU sejenis ini yang jatuh di Denpasar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Panglima TNI, Jenderal Djoko Santoso, meminta agar insiden kecelakaan pesawat latih jenis Wong Bee KT-1 yang jatuh di Bandara Ngurah Rai Bali, segera diselidiki. ''Segera dilakukan penyelidikan,'' ujarnya memberikan instruksi di Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (24/6).

Menurut dia, pesawat yang jatuh merupakan pesawat latih yang memang sudah rutin latihan setiap hari Jumat, dan tengah melakukan penerbangan jarak jauh dari Yogyakarta ke Denpasar. Hanya saja, tambahnya, saat mendarat terjadi gangguan pada mesin. Hal tersebut mengakibatkan persawat tidak bisa dikendalikan. Akhirnya, kata dia, pilot dan dua penumpang pesawat menyelamatkan diri dengan cara melompat.

Sementara, di tempat yang sama, Wakil Kepala Staf TNI AU, Marsekal Madya Sukirno, menyatakan tim sudah dikirim ke Denpasar untuk melakukan penyelidikan. Untuk mengetahui, kejadian tersbeut murni akibat kesalahan teknis atau ada pesoalan lain. Namun demikian, menurut dia, tak ada kaitannya antara pesawat yang jatuh tersebut dengan usianya yang sudah tua atau tidak.''Tidak jadi persoalan asalkan kondisi layak terbang,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement