Kamis 17 Jun 2010 21:52 WIB

Permohonan Banding Antasari Azhar Ditolak

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Ririn Sjafriani
Antasari Azhar
Foto: edwin/dok republika
Antasari Azhar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta menolak permohonan banding Antasari Azhar sebagai terdakwa otak pembunuhan direktur PT Rajawali Putra Banjaran, Nasruddin Zulkarnain.  Hakim juga memutuskan untuk menguatkan vonis yang dijatuhkan oleh PN Jakarta Selatan hukuman penjara selama 18 tahun.

"Menguatkan putusan Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan merubah kualifikasi tindak pidana yang dilakukan terdakwa," ujar Ketua Majelis Hakim, Muchtar Ritonga, di PT DKI, Kamis (17/6).

Muchtar menyatakan bahwa tak ada kekeliruan dan penyimpangan yang dilakukan Hakim di PN Selatan.

Hakim juga menolak kesimpulan Kuasa Hukum Antasari yang menilai SMS ancaman yang ia kirimkan ke Nasruddin adalah rekayasa.

Menurut majelis hakim, kebenaran SMS tersebut dikuatkan sejumlah saksi yang mengatakan pernah diperlihatkan isi SMS tersebut saat Nasruddin belum dibunuh. Isi SMS tersebut adalah "Maaf, permasalahan ini hanya kita yang tahu. Kalau sampai ter-blow up, tahu sendiri akibatnya."

Ia juga menambahkan, tuduhan rekayasa terhadap perkara Antasari yang dituduhkan kuasa hukum tak beralasan karena mereka tak mnyertakan bukti cukup, serta tak bisa menunjukkan siapa pelaku, dan motif dibalik rekayasa tersebut.

Dijelaskan Majelis hakim, kesaksian dari sejumlah penyidik Polda Metro Jaya juga menyatakan bahwa tak pernah ada rekayasa untuk menjatuhkan Antasari.

Terkait keberatan Kuasa Hukum bahwa hakim tak menggubris alat bukti pistol revolver dan kesaksian sejumlah saksi ahli, hakim juga menolak. Menurut majelis hakim, hakim berhak mengabaikan bukti-bukti tersebut jika sudah ada bukti lain yang menguatkan dakwaan.

Majelis Hakim PT DKI menyimpulkan bahwa memang benar ada keterkaitan yang erat antara pertemuan Antasari dengan Rani, istri Nasrruddin di Hotel Grand Mahakam akhir tahun 2008 dengan pembunuhan Nasruddin.

Walaupun Antasari, menurut Kuasa Hukumnya, tak pernah terbukti memerintahkan langsung dengan bahasa yang jelas pembunuhan terhadap Nasruddin, Hakim berpendapat hal itu tak berarti Antasari tak mengotaki pembunuhan.

Demikian, Antasari diputuskan tetap bersalah, dan harus menjalani hukuman 18 tahun penjara. Ia juga dibebani biaya perkara.

Dilain pihak, Kuasa Hukum Antasari, Juniver Giersang menyatakan bahwa keputusan hakim PT DKI ini tak tepat. Menurut dia pernyataan hakim bahwa rekaman suara adalah alat bukti, tak beralasan.

"Rekaman hanya bisa jadi alat bukti di tindak pidana khsusus," kata Juniver.

Ia menyatakan belum memutuskan untuk mengajukan kasasi. Hal tersebut akan dibicarakan dengan Antasari terlebih dahulu.

Pembacaan putusan banding ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Selain Muchtar Ritonga, majelis hakim persidangan ini adalah I Putu Widnya, dan Putu Supadmi. Antasari diputus bersalah oleh PN Jakarta Selatan sebagai otak pembunuhan Nasruddin 11 Februari 2010 lalu.

Selain putusan terhadap permohonan banding Antasari, hari Kamis ini akan dibacakan juga putusan terhadap permohonan banding terdakwa lainnya, Sigit Haryo Wibisono, Wiliardi Wizar, dan Jerry Hermawan Loe.f

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement