Sabtu 12 Jun 2010 04:59 WIB

Mandela Batal Hadiri Pembukaan Piala Dunia

Mandela Batal Hadiri Pembukaan Piala Dunia.

Nelson Mandela
Foto: AP
Nelson Mandela

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela tidak akan menghadiri pembukaan pertandingan sepak bola Piala Dunia pada Jumat setelah cucunya meninggal akibat kecelakaan. Menurut juru bicara Nelson Mandela Foundation dalam sebuah pernyataan bahwa Mandela, 91 tahun, yang secara luas dikabarkan turut andil membantu Afrika Selatan memenangkan tawaran Piala Dunia pada tahun 2004, mengetahui kematian Zenani Mandela pada Jumat pagi.

"Oleh karena itu tidak pantas baginya secara pribadi menghadiri perayaan Dunia 2010 FIFA Piala pembukaan, sementara keluarga dan dirinya tengah berkabung," demikian pernyataan NMF.

Afrika Selatan telah berharap dia dapat menghadiri pembukaan pertandingan meskipun kesehatan yang rapuh.

Zenani Mandela, meninggal dua hari setelah ulang tahun ke-13, adalah salah satu dari sembilan cucu Mandela. Dia mengalami kecelakaan setelah menonton konser pembukaan Piala Dunia.

Polisi mengatakan laporan sebelumnya bahwa mantan istri Mandela, Winnie Madikizela, ada di dalam mobil, tidak benar. Pengemudi mobil telah ditangkap dan polisi sedang menyelidiki kasus itu. Kemungkinan, sang sopir dijerat dengan dakwaan pembunuhan.

Yayasan Mandela mengatakan keluarga telah meminta privasi atas kasus ini.  Zenani adalah anak-grand Zindzi Mandela, putri Winnie dan nelson.

sumber : cnn
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement