Kamis 03 Jun 2010 04:43 WIB

Ramai-ramai, Pengacara Melamar Jadi Ketua KPK

Rep: Indah Wulandari/ Red: Budi Raharjo
Henry Yosodiningrat
Henry Yosodiningrat

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kursi kosong ketua KPK rupanya menarik perhatian banyak pengacara. Sejak dibuka pendaftaran calon pimpinan KPK, banyak pengacara yang sudah mendaftar.

Pengacara mantan kabareskrim, Komjen Pol Susno Duadji, yaitu Henry Yosodiningrat, termasuk yang ikut mendaftar. Bahkan, hari ini, dia telah melengkapi berkas pendaftaran tersebut. ''Saya serahkan berkas lengkap. Yang penting niat. Ini adalah sebuah pengorbanan,'' katanya di gedung Kemenhukham, Jakarta, Rabu (2/6).

Henry mengartikan pengorbanannya itu dari segi perbandingan penghasilan sebagai advokat dan pimpinan KPK serta kemerdekaan hidup. Maksudnya, kalau terpilih menjadi pimpinan KPK maka harus siap memenuhi segala pembatasan dalam peraturan komisi antikorupsi itu. ''Pergaulan tidak bisa seperti dulu, tapi saya siap menjalaninya,'' janjinya.

Selain Henry, sejumlah pengacara juga sudah mendaftarkan dirinya. Sebut saja OC Kaligis, Bonaran Situmeang, dan Alamsyah. Hingga hari ini, tercatat sudah ada 165 orang yang berminat mengikuti seleksi pimpinan KPK. Namun, hanya 20 pendaftar yang sudah melengkapi berkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement