Senin 24 May 2010 01:53 WIB

Perempuan Hebat di Balik Sukses BJ Habibie

Rep: rosyid nurul hakim/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Ibu Hasri Ainun Habibie adalah wanita hebat dibalik kesuksesan Mantan Presiden Indonesia BJ Habibie. Beliau bisa berfungsi sebagai istri dan ibu sepenuhnya.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif The Habibie Center, Ahmad Watik Pratiknya, di rumah duka, Minggu (23/05). "Pak habibie sering mengatakan beliau bisa begini atau setiap ada laki laki yang sukses, pasti ada perempuan hebat dibelakangnya," katanya.

Watik menceritakan bahwa sebelumnya Ibu Ainun adalah seroang pakar dan dokter spesialis anak-anak. Karir yang beliau dapatkan sudah tinggi dan terhormat. Namun, semua itu, ikhlas beliau letakkan demi mengikuti suaminya BJ Habibie. "Berkhidmat sebagai istri yang solehah yang bisa mendukung karir suami, menjadi ibu yang bisa membimbing putra-putranya," kenangnya.

Kemudian sebagai ibu negara, beliau tidak pernah mencampuri urusan pemerintahan. Meskipun sering beredar kritikan bahwa ibu negera itu lebih berkuasa dari presidennya, ibu bupati lebih berkuasa dari bupatinya. "Saya melihat ini luar biasa, ibu itu tidak pernah mencampuri urusan bapak. Dalam rangka pemeritahan. Beliau tahu persis bahwa bapak menguasai bidang itu," kata Watik.

Peranan beliau adalah sebagai pendukung dari setiap kegiatan Bapak Habibie. Beliau selalu memastikan kegiatan suaminya itu bisa tertata dan terjaga. "Bahkan ada anekdot, Pak Habibie itu workaholic, bekerja sampai malam, sampai pagi. Beliau sering mengingatkan. Pernah terjadi bapak tidak mau mendengarkan ibu, akhirnya kamar tidur di kunci dari dalam," kenang Watik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement