Rabu 12 May 2010 04:29 WIB

PBNU Akan Klarifikasi Isu Muktamar Luar Biasa

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan segera mengirim surat klarifikasi ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur terkait isu MLB (Muktamar Luar Biasa) bila struktur kepengurusan PBNU 2010-2015 tidak dikembalikan kepada hasil formatur.

"Kami akan mengirim surat klarifikasi ke PWNU Jatim terlebih dahulu dan hal itu tergantung jawaban klarifikasinya. Kalau memang ada unsur pembangkangan terhadap hasil Muktamar NU di Makassar, maka kami akan segera menyikapi melalui rapat pleno," kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Sirodj di Gresik, Selasa.

Saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) PT Polowijo Gosari, di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, ia menegaskan bahwa surat klarifikasi ke PWNU itu akan dikirimkan melalui rapat internal PBNU terlebih dulu. "Kita tunggu saja nanti. Kalau memang sangat mendesak ya dipercepat, tapi kalau memang jawabannya tetap mengikuti pengurus hasil muktamar Makassar ya, tidak ada masalah. Karena pengurus hasil Muktamar NU di Makassar adalah sah," katanya.

Ia mengaku sudah menugaskan Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk menuntaskan gejolak di PWNU Jawa Timur itu. "Masalah PWNU Jawa Timur itu biar yang menuntaskan Gus Ipul saja. Karena dia (Gus Ipul) yang tahu masalah di Jatim," katanya.

Menyikapi hal itu, Gus Ipul yang ikut hadir dalam acara itu menegaskan bahwa persoalan PWNU Jawa Timur saat ini tidak ada masalah.

"Hanya seorang pengurus di Jatim yang tidak mendukung hasil Muktamar NU di Makassar, sedangkan lainnya tidak ada masalah," katanya, sambil menuju tempat duduk VIP acara tersebut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement