Selasa 11 May 2010 05:19 WIB

Soros: Indonesia Butuh Bantuan Menjaga Hutan

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Budi Raharjo
Presiden menerima George Soros
Foto: Rumgapres
Presiden menerima George Soros

JAKARTA--Anggota Kelompok Penasihat Tingkat Tinggi Sekjen PBB bidang Perubahan Iklim, George Soros, mengatakan Indonesia membutuhkan peran dunia internasional dalam menjaga keberadaan hutan. Peran dunia itu bisa diberikan dalam bentuk utang atau hibah yang diberikan negara-negara lain.

''Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga hutan hujan,'' kata Soros usai melakukan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Kantor Presiden, Senin (10/5).

Jika hal itu dilakukan dengan baik, maka target suhu bumi dapat dikurangi hingga dua dejarat celcius bisa tercapai. ''Oleh karenanya, penting adanya bantuan internasional,'' cetus Soros. Hal itu merupakan bagian dari jalan inovatif untuk memberikan pembiayaan yang dibutuhkan.

Soros menilai, upaya untuk memerangi pemanasan global yang dilakukan sejumlah negara terlihat masih kurang. ''Saya terlibat, menjadi aktif, itu karena tidak puas dengan apa yang telah dicapai,'' jelasnya.

Dengan alasan itu, Soros menilai belum terlambat untuk melakukan upaya memerangi pemanasan global. ''Jika tidak meningkatkan upaya untuk itu, kita akan kalah perang (dengan pemasan global) dan konsekuensinya adalah menghadapi bencana,'' ujarnya mengingatkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement