Kamis 06 May 2010 03:10 WIB

Presiden Bantu Perlancar MoU TKI Malaysia

Rep: C13/ Red: Budi Raharjo
Menakertrans Muhaimin Iskandar
Foto: M Syakir/Republika
Menakertrans Muhaimin Iskandar

JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan turun langsung menangani permasalahan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. Menurut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, SBY akan mengunjungi Malaysia pada 18 Mei untuk menemui Pemerintah Malaysia terkait penandatangan nota kesepahaman (MoU) TKI dengan pihak Malaysia.

'Namun, Muhaimin menyatakan, kepergian Presiden bersama dirinya tersebut bukan untuk melakukan penandatanganan MoU. Pertemuan tersebut lebih kepada cara pemerintah untuk melakukan lobi-lobi agar MoU dapat ditanda tangani. ''Semoga saja (ditandatangani) itu (MoU),'' harapnya di Jakarta, Rabu (5/5).

Menakertrans tak berani menjamin penandatanganan MoU tersebut akan terjadi dalam waktu singkat. ''Saya lupa apa saja MoU yang akan ditandatangani,'' kilahnya mengenai penandatanganan MoU apa saja yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, pemerintah telah menghentikan pengiriman TKI ke Malaysia. Hal itu terjadi, karena menurut pemerintah, hak para TKI di Malaysia kurang diperhatikan. Oleh karena itu, pemerintah mengajak Malaysia untuk memperbaharui MoU TKI yang sudah ada sebelumnya. Muhaimin mengatakan, hingga saat ini cost structure masih menjadi hambatan dalam pembicaraan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement