Kamis 29 Apr 2010 03:48 WIB

Panitia Seleksi Anggota KY Terbentuk

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Budi Raharjo
Menko Polhukam Djoko Suyanto
Menko Polhukam Djoko Suyanto

JAKARTA--Menko Polhukam, Djoko Suyanto, mengungkapkan Keputusan Presiden mengenai Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Komisi Yudisial sudah ditandangani. Saat ini, Keppres tersebut sudah berada di Sekretariat Kabinet.

''Komisi Yudisial sudah selesai, sudah ditandatangani dan sekarang sudah ada di Seskab,'' kata Djoko di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4).

Djoko mengatakan, anggota Pansel berasal dari empat unsur yang dianggap bisa mewakili masyarakat. ''Yang jelas empat komposisi itu adalah pemerintah, tokoh masyarakat, akademisi, dan praktisi. Empat unsur itu pasti terpenuhi,'' janjinya. Praktisi tersebut berasal dari pengacara, kejaksaan, dan sumber lainnya.

Nama-nama Pansel KY itu berasal dari usulan Menko Polhukam setelah menyerap berbagai aspirasi. ''Terserah nanti Presiden milih nama dari beberapa yang kita usulkan,'' ujarnya. Setelah Keppres ditandatangani, Pansel sudah mulai bekerja.

Kepengurusan KY 2005-2010 yang dipimpin Busyro Muqoddas segera berakhir sekitar tiga bulan lagi. Dalam beberapa pekan terakhir, sempat muncul desakan agar Presiden segera membentuk Pansel KY periode 2010-2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement