Rabu 08 Feb 2023 00:31 WIB

Lima Anak Dibawah Umur Jadi Pelaku Begal Bersenjata Samurai

Kelima pelaku merencanakan aksi mereka dengan membentuk dua tim.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus raharjo
Ilustrasi Begal
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Begal

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Lima anak laki-laki dibawah umur di Kabupaten Indramayu ditangkap polisi dalam kasus pencurian dengan kekerasan (curas) atau begal motor. Mereka kini harus berhadapan dengan hukum.

Dalam aksinya, para pelaku membawa senjata tajam berupa samurai, golok, dan celurit. Senjata tajam itu mereka gunakan untuk mengancam korbannya.

Baca Juga

Adapun kelima pelaku itu masing-masing berinisial SZ (17 tahun), AKM (15), SPY (15), ADR (17) dan AGF (17). Kelima remaja laki-laki tersebut berasal dari Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu.

"Mereka masih sekolah, pelajar," kata Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, didampingi Plh Kasat Reskrim, Iptu Karnadi, di Mapolres Indramayu, Selasa (7/2/2023).

Fahri mengaku sengaja tidak menghadirkan kelima pelaku di Mapolres Indramayu karena mereka masih tergolong usia anak-anak. Ia menjelaskan, kasus begal yang dilakukan para pelaku itu terjadi di Jalan Pecuk, Desa Penyindangan Kulon, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, pada Selasa (10/1/2023) sekitar pukul 23.50 WIB.

Dalam aksinya, para pelaku membentuk dua tim. Tim pertama, terdiri dari tiga pelaku yang berboncengan menggunakan sepeda motor. Sedangkan tim kedua terdiri dari dua orang pelaku, yang posisinya tidak jauh dari tim pertama. Jika tim pertama tidak berhasil dalam aksinya, maka tim kedua yang akan bersiap melakukan aksinya.

"Mereka betul-betul melakukan perencanaan untuk melakukan aksi tersebut," tegas Fahri.

Korban dalam kasus begal yang dilakukan para pelaku merupakan pelajar perempuan berusia 18 tahun, yang berboncengan tiga orang. Saat melintas di Jalan Pecuk, tiba-tiba sepeda motor korban dihentikan oleh pelaku, yang juga menggunakan sepeda motor dengan berbonceng tiga.

Seketika, pelaku memerintahkan korban untuk turun dari sepeda motornya. Korban yang merasa ketakutan pun menuruti permintaan pelaku. Apalagi, saat itu pelaku mengacungkan sebilah samurai kepada korban.

Setelah korban turun dari sepeda motornya, pelaku langsung membawa kabur sepeda motor tersebut. Pelaku kemudian menjual sepeda motor hasil curian tersebut di Facebook dengan harga Rp 4 juta.

"Uang hasil penjualan sepeda motor curian itu lantas dibelikan beberapa aksesoris yang dipasang ke sepeda motor pelaku," tutur Fahri.

Polisi yang mendapat laporan kasus tersebut langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, polisi berhasil menangkap pelaku pada Selasa (31/1/2023). Fahri mengatakan, dari tangan pelaku, polisi mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya, sepeda motor milik korban maupun milik pelaku yang digunakan saat beraksi.

Selain itu, adapula senjata tajam yang digunakan pelaku saat beraksi, yakni tiga bilah celurit, satu bilah samurai, dan satu bilah golok. Para pelaku dijerat Pasal 365 ayat (2) ke-2e KUHPidana. Adapun ancamna hukumannya berupa pidana penjara selama 12 tahun.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement