Rabu 01 Feb 2023 11:48 WIB

Delapan Kantong Parkir Disiapkan untuk Ribuan Kendaraan Cap Go Meh Bogor

Delapan kantong parkir disiapkan untuk pengunjung menghadiri Cap Go Meh di Bogor.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Pemain dari Kesenian Naga Merah Putih saat berlatih di kawasan Babakan Pasar, Kota Bogor, Jawa Barat. Delapan kantong parkir disiapkan untuk pengunjung menghadiri Cap Go Meh di Bogor.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pemain dari Kesenian Naga Merah Putih saat berlatih di kawasan Babakan Pasar, Kota Bogor, Jawa Barat. Delapan kantong parkir disiapkan untuk pengunjung menghadiri Cap Go Meh di Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Perhelatan Cap Go Meh di kawasan pecinan Suryakencana, Kota Bogor, pada 5 Februari 2023 diperkirakan akan dihadiri oleh puluhan ribu orang. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pun menyiapkan sejumlah kantong parkir untuk menampung ribuan kendaraan para pengunjung.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Dody Wahyudin, mengatajan hingga saat ini ada delapan kantong parkir yang disiapkan. Di antaranya Mall BTM, ruas Jalan Otista, mal Botani Square, ruas Jalan Ir. H. Juanda, komplek bank, area gedung Bogor Creative Center (BCC), Rumah Sakit Siloam, dan Ekalokasari Plaza.

“Jadi kita sudah siapkan titik-titik kantong parkir, apabila pengunjung yang akan masuk ke Kota Bogor, kita sudah siapkan. Kapasitas kantong parkir sudah diestimasi 700 hingga 1.000 satuan ruang parkir,” kata Dody, Selasa (31/1/2023).

Dody mengatakan, jika kantong-kantong tersebut tidak mencukupi kendaraan yang datang, pihaknya akan mengantisipasi dengan menyiapkan titik-titik yang ada di seputar Jalan Ir. H. Juanda. Namun hal itu masih dikoordinasikan.

“Tetapi pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, titik-titik Botani, BTM, dan ruas Jalan Juanda, dan BCC sudah mampu dan menampung parkir yang ada,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, meminta masyarakat untuk berjalan kaki dari kantong parkir yang telah disediakan menuju lokasi di Jalan Suryakencana. Sehingga tidak terlalu membuat macet karena kendaraan yang melintas.

Di sisi lain, Bismo juga menyiapkan kebutuhan lain untuk mengantisipasi selama kegiatan berlangsung. Baik mobil ambulans, damkar, petugas medis mobile, alat pemadam api ringan (APAR), hingga toa atau mobil pengurai massa (raisa) untuk orang hilang atau tersendat.

Bismo juga akan menerjunkan personel Satuan Reserse Kriminal Polresta Bogor Kota untuk mengantisipasi copet dan sebagainya.Kami siapkan 1.014 personel gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan,” imbuh dia.

Untuk mengantisipasi kemacetan selama Cap Go Meh, Bismo menjelaskan, Polresta Bogor Kota juga bekerjasama dengan Jasa Marga. Apabila kemacetan mengular hingga ke jalan tol maka akan dilakukan pengalihan ke Exit Tol Bogor Selatan Summarecon.

“Kami bersama Dishub akan menyebar meme untuk menginformasikan masyarakat terkait pengalihan arus. Nanti diumumkan kantong parkirnya, supaya masyarakat tahu. Kami siap mengamankan,” tegasnya.

Ketua Panitia Cap Go Meh-Bogor Street Festival (CGM-BSF) 2023, Arifin Himawan, menambahkan masyarakat atau pengunjung bisa memarkirkan kendaraanya ke RS Siloam yang berada di Jalan Pajajaran.

“(Sebenarnya) kapasitas Botani Square kalau full bisa menampung 1.000 kendaraan, Siloam juga banyak termasuk Mall Ekokasari,” ucapnya.

Arifin juga mengimbau masyarakat yang ingin datang ke Bogor sebaiknya parkir di luar area ruas jalan menuju Jalan Otista. Dengan demikian hal itu bisa mengurangi terjadinya penumpukan.

“Jadi kalau mereka mau pulang, datang lebih fleksibel, diharapkan datang lebih awal supaya tidak terjadi penumpukan, itu yang sudah coba kami bantu,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement