Senin 30 Jan 2023 18:59 WIB

KPK Perpanjang Masa Penahanan Lukas Enembe Selama 40 Hari

KPK memperpanjang masa penahanan Gubernur Papua Lukas Enembe selama 40 hari.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Bilal Ramadhan
Jejak Lukas Enembe. KPK memperpanjang masa penahanan Gubernur Papua Lukas Enembe selama 40 hari.
Foto: Republika/berbagai sumber
Jejak Lukas Enembe. KPK memperpanjang masa penahanan Gubernur Papua Lukas Enembe selama 40 hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang masa penahanan terhadap Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe. Lukas bakal ditahan selama 40 hari kedepan.

"Tim penyidik memperpanjang masa penahanan untuk 40 hari kedepan terhitung mulai 2 Februari 2023 sampai dengan 13 Maret 2023 di Rutan KPK," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/1/2023).

Baca Juga

Ali menjelaskan, perpanjangan masa penahanan ini sesuai kebutuhan penyidik. Sebab, hingga kini KPK masih mengumpulkan berbagai bukti atas kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Lukas.

"Sebagai kebutuhan penyidikan agar pengumpulan alat bukti semakin memperkuat dugaan perbuataan tersangka LE (Lukas Enembe)," jelas dia.

Lukas ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi pengerjaan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Papua. Dia diduga menerima uang dari Direktur PT Tabi Bangun Papua, Rijatono Lakka agar perusahaannya mendapatkan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Papua.

Padahal perusahaan milik Rijatono tidak memiliki pengalaman dalam bidang konstruksi lantaran sebelumnya bergerak pada bidang farmasi.

Selain Lukas, Rijatono juga diduga menemui sejumlah pejabat di Pemprov Papua terkait proyek tersebut. Mereka diduga melakukan kesepakatan berupa pemberian fee sebesar 14 persen dari nilai kontrak setelah dikurangi nilai PPh dan PPN.

Setelah terpilih untuk mengerjakan sejumlah proyek, Rijatono diduga menyerahkan uang kepada Lukas Enembe dengan jumlah sekitar Rp 1 miliar. Di samping itu, Lukas Enembe juga diduga telah menerima pemberian lain sebagai gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya hingga jumlahnya miliaran rupiah. KPK pun sedang mendalami dugaan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement