Rabu 17 Nov 2021 16:28 WIB

Miss Universe Rusia Promosikan Pariwisata RI

Diharapkan makin banyak wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia.

KBRI Moskow meluncurkan secara resmi buku the 10 New Bali edisi Bahasa Rusia pada Senin (15/11).
Foto: istimewa
KBRI Moskow meluncurkan secara resmi buku the 10 New Bali edisi Bahasa Rusia pada Senin (15/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KBRI Moskow meluncurkan secara resmi buku the 10 New Bali edisi Bahasa Rusia pada Senin (15/11). Digelar di Hotel Marriott Aurora, Moskow, acara tersebut antara lain menghadirkan selebritas sekaligus Miss Universe 2002 asal Rusia, Oksana Fedorova.

Oksana mengungkapkan kegembiraannya atas penghormatan yang diberikan kepada dirinya untuk menjadi menjadi warga Rusia pertama di Moskow yang menerima secara langsung buku the 10 New Bali edisi bahasa Rusia. Penyerahan buku tersebut kepada Oksana dilakukan oleh Duta Besar Republik  Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares.

Baca Juga

Selain menerima buku, Oksana juga berkesempatan menyampaikan promosi tentang pariwisata Indonesia. “Saat menjabat sebagai Miss Universe tahun 2002, saya berkesempatan mengunjungi Indonesia. Dalam kunjungan itu, saya menyaksikan dan merasakan secara langsung keindahan alam, kekayaan budaya dan keramahtamahan masyarakat Indonesia yang luar biasa,” ujar Oksana.

Menurutnya, Indonesia memiliki keindahan alam yang mengagumkan. Ia berharap, melalui peluncuran buku the 10 New Bali edisi Bahasa Rusia, semakin banyak wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia. 

‘’Tidak hanyake Bali, tetapi juga ke 10 destinasi pariwisata lainnya di Indonesia,” tambah Oksana di hadapan para tamu undangan.

Sementara itu , menurut Dubes Tavares, peluncuran buku the 10 New Bali yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia merupakan upaya untuk lebih mendekatkan Indonesia kepada masyarakat Rusia, mengingat selama ini masyarakat Rusia lebih mengenal Bali.

Pada tahun 2019, jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia hampir 160 ribu orang dan angkanya menurun drastis pada tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19. Meski demikian, tercatat 5.000 warga Rusia saat ini memilih tinggal dan berada di Bali selama pandemi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement