Senin 08 Sep 2025 11:20 WIB

Dosen-Mahasiswa Cyber University Beri Solusi Bisnis Berkelanjutan Lewat Penelitian Kolaboratif

Ini diharapkan memberikan wawasan berharga bagi pelaku bisnis dan akademisi.

Penelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa Cyber University memberi solusi mengenai tantangan bisnis masa kini.
Foto: Cyber University
Penelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa Cyber University memberi solusi mengenai tantangan bisnis masa kini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cyber University yang sering dikenal sebagai Kampus Fintech Pertama di Indonesia, kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian kolaboratif antara dosen dan mahasiswa.

Ini dibuktikan dalam penelitian yang berjudul "Pengaruh Penerapan E-Commerce Terhadap Kinerja Operasional Perusahaan Dengan Green Relational Capital Sebagai Variabel Moderasi".

Penelitian dilakukan Prof Dana Santoso Saroso dan Siti Nuryati, dosen dari Program Studi Bisnis Digital dan Kewirausahaan, bersama mahasiswa Program Studi Bisnis Digital, Egi Alfianni.

Penelitian mereka berangkat dari tantangan bisnis saat ini, di mana perusahaan harus memperhatikan tanggung jawabnya terhadap lingkungan di tengah pesatnya pertumbuhan ekonomi.

"Konsep Green Intellectual Capital, yang mengombinasikan green industry dan intellectual capital, menjadi salah satu solusi untuk menghadapi tantangan tersebut," ujar Siti Nuryati dalam keterangan yang dilansir Senin (8/9/2025).

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data primer diperoleh melalui kuesioner dari 204 responden yang terdiri atas internal perusahaan dan konsumen di Bandung serta pengguna media sosial.

Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS 25, dengan teknik Moderating Regression Analysis (MRA) untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan, penerapan e-commerce memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja operasional perusahaan.

Hubungan ini diperkuat oleh Green Relational Capital yang berperan sebagai variabel moderasi positif, yang berarti kesadaran lingkungan dan relasi yang baik dengan pihak eksternal semakin meningkatkan dampak positif e-commerce.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal bergengsi Innovation and Business: Jurnal Ilmu Manajemen, Bisnis dan Keuangan (Innobiz) Vol. 2 No. 2 Juli 2025.

Hasil penelitiannya pun diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi pelaku bisnis dan akademisi mengenai strategi bisnis yang efektif di era digital, dengan tetap mengedepankan tanggung jawab lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement