Ahad 02 Mar 2025 16:00 WIB

Barang Tertinggal di Transjakarta, Ini yang Mesti Dilakukan

Terdapat lebih dari 1.000 kasus barang penumpang yang tertinggal di Transjakarta.

Rep: Bayu Adji/ Red: Friska Yolandha
Pekerja menaiki bus Transjakarta di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (2/10/2023). Ini yang harus dilakukan saat barang ketinggalan di bus Transjakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekerja menaiki bus Transjakarta di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (2/10/2023). Ini yang harus dilakukan saat barang ketinggalan di bus Transjakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mencatat angka barang milik pelanggan yang tertinggal di seluruh unit kendaraan Transjakarta cukup tinggi sepangjang 2024. Setidaknya, terdapat lebih dari 1.000 kasus barang milik pelanggan yang tertinggal. 

Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Ayu Wardhani mengatakan, barang-barang milik pelanggan yang tertinggal itu kini menumpuk tersebar di halte dan kantor pusat Transjakarta. Barang-barang tersebut di antaranya pakaian, helm, payung, hingga kotak makan.

Baca Juga

"Minimnya pelaporan pelanggan dan identitas kepemilikan dari barang menyebabkan masih rendahnya pengembalian barang-barang tersebut," kata dia melalui keterangannya, Ahad (2/3/2025).

Untuk mengatasi masalah itu sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan, Transjakarta menerapkan prosedur terbaru dalam penanganan barang tertinggal di seluruh layanan. Hal itu dapat dilakukan apabila pelanggan merasa ada barangnya yang tertinggal, baik di BRT (Bus Rapid Transit), Non-BRT, hingga Mikrotrans. 

 

"Dengan sistem ini, diharapkan pelanggan dapat lebih cepat dan mudah melaporkan serta mengambil kembali barang mereka yang tertinggal," ujar Ayu. 

Adapun mekanisme yang dapat dilakukan ketika ada barang yang tertinggal di Transjakarta adalah sebagai berikut.

1. Pelaporan Barang Tertinggal

Pelanggan yang merasa ketinggalan barang dapat membuat laporan melalui Omnichannel Transjakarta yaitu;

  • X: @pt_transjakarta
  • Facebook: PT Transportasi Jakarta
  • Instagram: @infotije
  • Customer Care: 1500102
  • Whatsapp: 0818 0450 0102

Pelanggan akan diberikan tautan yang harus diisi, agar petugas dapat membantu menemukan barang yang tertinggal dalam lingkup layanan Transjakarta. 

Setelah diisi, pelanggan akan mendapatkan nomor tiket laporan dan kode pelacakan yang berguna untuk mengecek status laporan terbaru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement