REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Cagub Jabar nomor urut empat Kang Dedi Mulyadi (KDM) menyebut biaya kampanye pada Pilgub kali ini lebih murah dan efektif.
Ditemui usai acara Konsolidasi Partai Gerindra di Kota Cimahi, KDM menjelaskan, kampanye melalui media digital seperti Tiktok dan YouTube merupakan cara yang efektif dan murah.
"Sebenarnya politik hari ini, politik yang murah biayanya karena media digital kalau kita mampu mengelola dengan baik dan dan konsisten," ucapnya, Kamis (31/10/2024).
Terpenting, kata dia, pemanfaatan tersebut dibarengi dengan konsisten tanpa terikat oleh kepentingan saat maju sebagai calon kepala daerah atau pejabat lainnya.
KDM sendiri sudah sejak lama konsisten mengunggah kesehariannya bersama warga ke sejumlah kanal media sosial mulai dari Instagram, YouTube hingga tiktok.
"Yang menjadi cemoohan adalah saat ujug-ujug (tiba-tiba) turun ke masyarakat. Nah, jangan jadi politisi yang ujug-ujug tapi harus konsisten," ujarnya.
Seperti diketahui KDM memiliki akun media sosial yang aktif sejak lama dan diikuti oleh banyak orang. Seperti kanal youtube Kang Dedi Mulyadi Channel yang kini telah memiliki pengikut mencapai 5,41 juta akun.
Selain youtube, Kang Dedi Mulyadi juga aktif mengunggah kesehariannya di akun Instagram @dedimulyadi71 yang diikuti oleh 1,4 akun dan tiktok @dedimulyadiofficial yang memiliki pengikut hingga 1,8 juta akun.
Selain itu ada juga akun X atau Twitter @DediMulyadi71 yang memiliki 172 ribu pengikut. Sementara untuk Facebook dengan akun Kang Dedi Mulyadi (centang biru) dengan 11 juta pengikut sejak lama dikuasi oleh pihak lain sehingga seluruh konten di dalamnya di luar tanggung jawab KDM.