Senin 28 Oct 2024 19:06 WIB

Ketika 'Jong-Jong' Bermunculan

Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Celebes dan sebagainya muncul pada awal abad 20

Gambar para pendiri Jong Java terpampang di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta.
Foto: dok wiki
Gambar para pendiri Jong Java terpampang di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dardiri Husni dalam tesisnya untuk McGill University (1998) menulis, ada fase penting dalam dinamika intelektual muda Indonesia pada paruh awal abad ke-20 M. Dalam periode 1908-1925, sebagian mereka cenderung mengidentifikasi diri ke dalam etnisitas tertentu.

Contoh yang masyhur adalah Budi Utomo yang diisi golongan terpelajar asal suku Jawa. Pada Mei 1908, dua mahasiswa kedokteran STOVIA, R Soetomo dan Gunawan Mangun Kusumo, mendirikan organisasi tersebut.

Baca Juga

Namun, kemudian Budi Utomo banyak diisi kalangan priyayi saja sehingga orang-orang Jawa terpelajar yang bukan "darah biru" merasa tersisihkan.

Situasi itu memunculkan inisiatif dari kalangan mahasiswa Jawa untuk mendirikan Tri Koro Dharmo pada 1915. Organisasi itulah yang kelak menjadi Jong Java.

Husni menegaskan, baik Budi Utomo maupun Tri Koro Dharmo (Jong Java) bermaksud mempromosikan kebanggaan akan identitas Jawa. Karena itu, dua organisasi itu cenderung eksklusif hanya bagi orang Jawa.

Mengutip Pringgodigdo, Jong Java merumuskan kebanggaan etnis itu dengan konsep Jawa Raya, yang meliputi Jawa, Madura, dan Bali. Selain itu, organisasi ini masih menghindar dari topik-topik politik dan cenderung berfokus pada persoalan sosial budaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement