Senin 21 Oct 2024 18:19 WIB

PDIP tak Pernah Memaksa Agar Pertemuan Prabowo dan Megawati Terealisasi

Ada tiga faktor penghambat pertemuan Prabowo dan Megawati menurut pengamat.

Pertemuan Megawati dengan Prabowo.
Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Pertemuan Megawati dengan Prabowo.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah memaksa agar pertemuan Presiden Ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden RI Prabowo Subianto terealisasi. Diketahui, hingga akhirnya Prabowo melantik para menteri Kabinet Merah Putih, pertemuan dengan Megawati tidak terjadi.

"Kalau pertemuan dipaksa-paksa, ini kan yang maksa media ini. Dari internal nggak ada, dari luar nggak ada," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Baca Juga

Said merasa bahwa paksaan justru datang dari media massa yang selalu menanyakan kapan pertemuan Megawati dengan Prabowo akan di helat. "Media tiap hari ditanya kapan ada pertemuan, lha yang penting hubungannya baik dan sebagainya. Nanti kalau ngomong ada pertemuan, tiba-tiba muncul pertanyaan 'Kira-kira dapat kursi-nya berapa?' Jadi nggak kelar-kelar," ucapnya.

Dia pun menegaskan bila pertemuan Megawati dengan Presiden Prabowo terlaksana sekali pun, hal itu bukanlah untuk membahas ihwal kabinet. Said berkilah bahwa pertemuan Megawati dan Prabowo bisa dilakukan kapan saja sebab kedua tokoh tersebut berkerabat dengan baik.

Said pun menyinggung Prabowo sendiri menyanjung Megawati yang mampu menyelesaikan masalah akibat krisis moneter tahun 1998 dalam pidato perdananya usai dilantik sebagai Presiden Ke-8 RI, Ahad (20/10/2024).

"Presiden Prabowo sudah menyampaikan bahwa Presiden Ke-5 (Megawati) luar biasa punya sejarah. Fakta ketika crash bisa diselesaikan dengan baik ekonomi kita, itu kan (pidato) dari Bapak Prabowo, ingatannya luar biasa dari masa lalu ditarik ke masa kini dan Insya-Allah akan ke masa depan. Jika hubungan beliau berdua itu memang baik kok," kata dia.

Sebelumnya, pada Ahad, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan silaturahim antara Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto yang baru saja dilantik tak terbatas pada momentum waktu pelantikan presiden.

"Insya-Allah segera akan bertemu, silaturahim itu tidak bisa kemudian dibatasi sebelum pelantikan atau saat pelantikan atau belum pelantikan," kata Puan ditemui ditemui setelah acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

 

 

photo
Anomali Teori Efek Ekor Jas PDIP di Bali - (Infografis Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement