Sabtu 19 Oct 2024 14:30 WIB

Usai Dilantik, Prabowo-Gibran Akan Sambangi Panggung Pesta Rakyat

Prabowo-Gibran akan mendatangi seluruh panggung pesta rakyat yang sudah disiapkan.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Hasanul Rizqa
Spanduk terpasang di Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (18/10/2024). Menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran pada Ahad 20 Oktober mendatang
Foto: Republika/Thoudy Badai
Spanduk terpasang di Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (18/10/2024). Menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran pada Ahad 20 Oktober mendatang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran telah menyiapkan tujuh panggung hiburan untuk pesta rakyat saat acara pelantikan presiden dan wakil presiden RI 2024-2029. Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid mengatakan, pasangan presiden dan wapres terpilih itu akan menyapa masyarakat di panggung hiburan itu usai keduanya dilantik di Gedung MPR/DPR pada Ahad (20/10/2024) siang.

Ia menegaskan, yang didatangi Prabowo-Gibran bukan hanya satu venue, melainkan seluruh panggung pesta rakyat. Lokasinya telah dipersiapkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga

"Mas Gibran dan Pak Prabowo nanti diagendakan pulang dari DPR akan menyambangi panggung satu per satu, menyapa satu per satu," kata Nusron Wahid, baru-baru ini.

Menurut dia, otoritas terkait akan menutup sementara jalur Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin bagi kendaraan umum. Karena itu, Prabowo-Gibran dapat dengan mudah menghampiri satu per satu panggung hiburan yang ada di sana.

Ia mengatakan, perjalanan Prabowo-Gibran dari kompleks DPR-RI di Senayan ke Istana Negara di Jalan Veteran juga akan didampingi sejumlah tokoh politik nasional. Ada pula sejumlah figur publik yang direncanakan ikut mendampingi keduanya ke Istana.

"Nanti begitu sampai Istana, mereka akan disambut oleh tokoh-tokoh masyarakat tersebut juga," kata Nusron.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk hadir dalam pesta rakyat itu. Gelaran ini akan terbuka untuk umum.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta memastikan kesiapan teknis menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden RI. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan, pihaknya selaku tuan rumah berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Sejak Jumat (18/10/2024), Pemprov Jakarta terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk yang berkaitan dengan kesiapan situasi di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Kawasan tersebut akan menjadi pusat konsentrasi massa pada saat hari pelantikan presiden dan wakil presiden RI, yakni pada Ahad (20/10/2024) nanti.

Menurut Agus Setyono, pihaknya juga siap menyambut kedatangan sejumlah pemimpin negara-negara sahabat dan perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kami melakukan peninjauan guna memastikan kesiapan hotel-hotel di kawasan ini (Bundaran Hotel Indonesia) bisa menjadi tempat penginapan para tamu negara. Di samping itu, Pemprov Jakarta berupaya menghadirkan suasana hospitality dan kesan yang bagus bagi tamu negara," kata Agus Setyono dalam keterangannya, Sabtu (19/10/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement