Jumat 11 Oct 2024 17:15 WIB

Prabowo Disebut Bakal Tes Langsung Calon Menterinya

Prabowo bakal mewawancarai para calon menteri di pemerintahannya secara tatap muka.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Mas Alamil Huda
Prabowo Subianto disebut akan mewawancara langsung calon menterinya.
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Prabowo Subianto disebut akan mewawancara langsung calon menterinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto bakal melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada semua calon menteri. Prabowo bakal mewawancarai para calon menteri di pemerintahannya secara tatap muka.

Dasco menyebut para calon menteri ini mulanya diuji oleh tim. Selanjutnya, Prabowo langsung yang akan mengetes mereka. "Akan ada semacam fit and proper test. Walaupun sudah dilakukan oleh tim, tetapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka untuk kemudian dalam tahap finalisasi," kata Dasco di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (11/10/2024).

Baca Juga

Dasco menyampaikan fit and proper test itu ialah bagian profiling calon menteri. Sehingga nantinya diharapkan menteri yang terpilih ialah figur yang kompeten, berkualitas, dan sesuai bidangnya. "Tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu kemudian finalisasi," ujar Dasco.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan komposisi kabinet presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Terdapat sejumlah menteri era Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal kembali masuk kabinet Prabowo-Gibran. Ini termasuk menteri kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Setahu saya ada (menteri dari pemerintahan Jokowi). Insya Allah ada (dari PDIP)," kata Muzani di gedung MPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (9/10/2024).

Tapi Muzani ogah menerangkan secara detail menteri kabinet Prabowo-Gibran itu. Muzani mensinyalkan menteri era Jokowi yang kompeten bakal ditarik masuk kabinet Prabowo-Gibran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement