Kamis 10 Oct 2024 13:31 WIB

Pilot Asal Turki Meninggal di Tengah Penerbangan, Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat

Sang pilot sempat diberikan pertolongan pertama, tapi tidak berhasil.

Pesawat mengalami turbulensi (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Pesawat mengalami turbulensi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Seorang pilot Turkish Airlines meninggal setelah sempat pingsan di tengah penerbangan. Akibat insiden tersebut memaksa maskapai nasional Turki itu melakukan pendaratan darurat di New York.

Menurut juru bicara maskapai, Yahya Ustun, Rabu (9/10/2009), pesawat itu lepas landas dari kota pesisir barat AS, Seattle.

Baca Juga

"Pilot Airbus 350 kami... penerbangan TK204 dari Seattle ke Istanbul pingsan selama penerbangan," tulisnya di X.

"Setelah upaya pertolongan pertama yang gagal, awak pesawat pilot lain dan seorang kopilot memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat, tetapi ia meninggal sebelum mendarat."

Data dari situs pelacakan FlightAware menunjukkan bahwa pesawat mendarat di Bandara Internasional John F Kennedy sesaat sebelum pukul 6 pagi.

"Pengaturan sedang dilakukan agar penumpang dapat mencapai tujuan mereka dari New York," kata juru bicara maskapai.

Pilot berusia 59 tahun, Ilcehin Pehlivan, yang telah bekerja untuk Turkish Airlines sejak 2007, telah lulus pemeriksaan medis pada bulan Maret, yang tidak menunjukkan adanya indikasi masalah kesehatan, tulis Ustun.

"Sebagai Turkish Airlines, kami sangat merasakan kehilangan kapten kami dan menyampaikan belasungkawa yang paling dalam kepada keluarga yang ditinggalkan, kolega, dan semua orang yang dicintainya," kata Ustun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement