Kamis 10 Oct 2024 05:19 WIB

Imbas Juluki Timnas Garuda Bule, Presenter Donny de Keizer Klarifikasi dan Minta Maaf

Tidak ada maksud sama sekali untuk merendahkan, menghina, apalagi terkait rasisme.

Presenter bola Donny de Keizer mengunggah klarifikasi dan permintaan maaf atas pernyataannya terkait timnas Indonesia diperkuat Garuda Bule.
Foto: Republika.co.id
Presenter bola Donny de Keizer mengunggah klarifikasi dan permintaan maaf atas pernyataannya terkait timnas Indonesia diperkuat Garuda Bule.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presenter bola Donny de Keizer mengunggah klarifikasi dan permintaan maaf atas pernyataannya terkait timnas Indonesia diperkuat Garuda Bule. Menurut dia, tidak ada niatan sedikit pun untuk merendahkan perjuangan pemain timnas Indonesia yang akan menghadapi Bahrain pada kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Ya pemirsa sehubungan dengan diskusi kita mengenai persiapan timnas menghadapi Bahrain, saya ingin menyampaikan klarifikasi sekaligus permohonan maaf," kata Donny dalam video yang diunggah di akun Instagram @officialnusantaratv dikutip Republika.co.id di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Baca Juga

"Atas penggunaan istilah Garuda Bule yang Senin lalu sempat saya gunakan dalam dialog NTV Prime dengan narasumber Anton Sanjoyo dan Binder Singh, pemirsa frasa yang saya gunakan itu untuk bertanya tentang timnas yang berpeluang diisi semua pemain naturalisasi, jadi tidak ada maksud sama sekali untuk merendahkan, menghina, apalagi terkait dengan rasisme," kata Donny dalam klarifikasinya.

Dia pun menegaskan, perusahaan tempatnya bekerja selama ini konsisten mendukung perjuangan timnas Indonesia bisa berprestasi di tingkat dunia. "Selama ini, kami NTV mendukung habis timnas Indonesia untuk berprestasi di pentas dunia," ucap Donny.

Sebelumnya, suporter garis keras timnas Indonesia dan warganet mencoba menggeruduk akun Instagram pembawa acara Donny de Keizer. Namun, akun tersebut kini sudah digembok setelah sempat dipenuhi komentar kemarahan warga.

Hal itu bermula ketika Donny melemparkan pernyataan tim Garuda Bule kepada dua analis bola, yaitu Binder Singh dan Anton Sanjoyo. Donny kala itu sedang membawakan acara berjudul 'Garuda Cakar Bahraian, Bisa Nggak Nih?' yang disiarkan Nusantara TV.

"Artinya lawan Bahrain ini nanti tim Garuda nggak 100 persen Garuda bule ya?" ucap Donny sembari tertawa dalam video yang viral di Tiktok dan X dikutip Republika.co.id di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Pernyataan Donny itu sempat disambut tawa renyah oleh Anton dan senyum Binder. "Yang terakhir saja kan sembilan pemain naturalisasi, dua pemain bukan," ujar Anton.

Donny pun menjelaskan, dengan dua tambahan pemain naturalisasi, ada kemungkinan timnas Indonesia diisi semuanya oleh bule atau keturunan Barat. Adapun dua pemain yang dimaksud Donny itu adalah Mees Victor Joseph Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders, yang baru meraih status warga negara Indonesia (WNI) pada 30 September 2024.

 

Warganet murka...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement