Kamis 03 Oct 2024 13:21 WIB

Ahmad Muzani Resmi Jabat Ketua MPR Periode 2024-2029

Ketua MPR RI Ahmad Muzani akan didampingi delapan wakil ketua MPR.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani terpilih menjadi ketua MPR periode 2024-2029.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani terpilih menjadi ketua MPR periode 2024-2029.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MPR RI menggelar sidang paripurna pelantikan pimpinan periode 2024-2029 di Ruang Rapat Paripurna I kompleks parlemen Senayan, Kamis (3/10/2024). Sebanyak sembilan pimpinan dilantik menjadi ketua dan wakil ketua MPR untuk periode lima tahun ke depan.

Ketua Sementara MPR Guntur Sasono mengatakan, susunan pimpinan MPR masa jabatan 2024-2029 terdiri dari Ketua MPR Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Wakil Ketua MPR I Bambang Wuryanto dari Fraksi PDIP, Wakil Ketua II Kahar Muzakir dari Fraksi Golkar, Wakil Ketua III Lestari Moerdijat dari Fraksi Nasdem, dan Wakil Ketua MPR IV Rusdi Kirana dari Fraksi PKB.

Baca Juga

Kemudian, Wakil Ketua V Muhammad Hidayat Nur Wahid dari Fraksi PKS, Wakil Ketua VI Eddy Soeparno dari Fraksi PAN, Wakil Ketua VII Edhy Baskoro Yudhoyono dari Fraksi Demorkat, dan Wakil Ketua VIII Abcandra Muhammad Akbar Supratman dari kelompok DPD.

Usai dilantik, sembilan pimpinan MPR itu mengucapkan sumpah janji pimpinan. Pengucapan sumpah itu dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung RI Muhammad Syarifuddin.

Berikut ini bunyi sumpah janji pimpinan MPR 2024-2029 yang dibacakan Syarifuddin dan diucapkan ulang sembilan pimpinan MPR:

"Saya bersumpah…

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.

Bahwa saya akan memegang teguh pancasila dan menegakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundang-undangan.

Bahwa akan menegakan kehidupan demokrasi, serta berbakti kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement