Selasa 01 Oct 2024 01:16 WIB

Tukang AC Keliling Ini, Kini Pimpin DPRD Kota Banjarmasin

Perjalanan hidup membawa Rikval Fachruri terjun ke dunia politik.

Ketua DPDR Kota Banjarmasin, Rikval Fachruri, dalam perjalanan hidupnya pernah menjadi tukang AC keliling.
Foto: istimewa/doc humas
Ketua DPDR Kota Banjarmasin, Rikval Fachruri, dalam perjalanan hidupnya pernah menjadi tukang AC keliling.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan tukang AC ini, secara resmi telah menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin yang baru. Rikval Fachruri, politikus Partai Golkar ini dilantik di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjarmasin, pada Senin (30/9/2024).

Dalam siaran pers disebutkan perjalanan hidup Rikval sebelum menjadi Ketua DPRD Kota Banjarmasin cukup berliku. Sebelum terpilih oleh DPP Partai Golkar untuk menduduki posisi tersebut, adalah seorang  tukang servis AC keliling di Banjarmasin.

"Saya berasal dari keluarga yang biasa dan pernah menjadi tukang servis AC keliling,” kata Rikval mengenang perjalanan hidupnya.

Rikval pria kelahiran Banjarmasin 37 tahun silam ini memulai kiprah organisasinya sejak masa kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang. Ia aktif saat itu di beberapa organisasi mahasiswa yang kini turut membentuk karakter kepemimpinan nya. Aktif di Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan (PMKS), organisasi kemahasiswaan Islam serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Selepas kuliah Rikval tetap aktif di organisasi sosial paska mahasiswa seperti HIPMI, KNPI, AMPI juga Pengprov ISSI. Aktivitas dan kesibukannya dalam berorganisasi turut mendorongnya terjun ke dunia politik. Terlebih hal yang dapat berkontribusi langsung memberi manfaat untuk warga Banjarmasin.

"Berbagai aktivitas sosial dan organisasi yang telah saya geluti membuat saya ingin berbuat lebih banyak melalui jalur politik,” ungkap Rikval yang juga pernah menerima penghargaan Agro Inovator Teladan dari Kementerian Pertanian RI (Kementan RI) tahun 2017.

Kini setelah menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Banjarmasin Rikval berusaha khidmat dan menjalani posisinya untuk menjalankan amanah bagi warga Banjarmasin pada umumnya, dan agar bermanfaat bagi seluruh jajaran DPRD Kota Banjarmasin. "Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, namun saya sadar pekerjaan ke depan harus berjalan bersama dalam kolaborasi yang bagus dengan seluruh anggota DPRD,” kata Rikval.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement