Sabtu 28 Sep 2024 05:13 WIB

Makin Kalap, Israel Bombardir Beirut

Pemboman dilakukan setelah Netanyahu menolak gencatan senjata.

Kebakaran terjadi di lokasi serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut Jumat, 27 September 2024.
Foto: AP Photo/Bilal Hussein
Kebakaran terjadi di lokasi serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut Jumat, 27 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT – Israel melakukan pemboman besar-besaran terhadap wilayah Dahiyeh di ibu kota Lebanon, Beirut, pada Jumat (27/9/2024) malam waktu setempat. Ini menandakan kian dalamnya serangan Israel ke Lebanon setelah sebelumnya hanya membombardir wilayah selatan Lebanon.

TV Al-Manar dari Lebanon melaporkan serangan udara di distrik Haret Hreik menghancurkan sejumlah bangunan, menjadikannya tumpukan puing. Stasiun tersebut mengatakan lebih dari 15 rudal menghantam daerah tersebut pada saat yang bersamaan.

Baca Juga

Serangan itu juga meluluhlantakkan seluruh blok, sekitar enam hingga sembilan bangunan hancur seluruhnya atau sebagian. Blok perumahan itu dekat dengan bandara internasional Beirut.

Rekaman menunjukkan setidaknya satu kawah membara di lokasi serangan. Serangkaian serangan udara Israel yang intens menghantam salah satu pinggiran selatan Beirut yang padat penduduknya ketika ledakan terdengar di seluruh ibu kota Lebanon.

Serangkaian ledakan di Beirut selatan itu menyebabkan awan asap berwarna oranye dan hitam mengepul di langit ibu kota. Ambulans menuju ke lokasi ledakan, sirene meraung-raung.

Tak lama sebelum ledakan, ribuan orang berkumpul di pinggiran kota untuk menghadiri pemakaman tiga anggota Hizbullah, termasuk seorang komandan senior, yang tewas dalam serangan sebelumnya.

“Saya terkejut saat ini. Saya pulang kerja, dan tiba-tiba seperti dikelilingi oleh ribuan tabung gas, semuanya meledak sekaligus,” Hiba al-Ashkar, yang tinggal di kamp pengungsi Burj el-Barajneh, mengatakan kepada Aljazirah.

“Orang-orang berteriak, wanita-wanita berteriak. Benar-benar kekacauan. Ada asap dan api dimana-mana. Ibuku juga hancur. Pada saat itu, Saya tidak tahu apa yang harus dilakukan atau apa yang seharusnya saya lakukan. Apakah saya akan mati sekarang? Ini mengerikan.”

Serangan di Dahiyeh, pinggiran kota Beirut, terjadi tak lama setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berpidato di depan PBB, menjanjikan kampanye Israel melawan Hizbullah akan terus berlanjut. Dalam pernyataan yang disiarkan televisi, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan, mereka menyerang “pusat komando” Hizbullah yang terletak jauh di dalam wilayah sipil.

Badan pertahanan sipil Lebanon mengatakan timnya sedang berupaya memadamkan beberapa kebakaran yang terjadi di distrik Dahiyeh, dan dua jenazah ditarik dari bawah reruntuhan menyusul serangkaian ledakan.

Koresponden Aljazirah melansir bahwa serangan semalam menimbulkan perasaan bahwa Israel tidak hanya memerangi Hizbullah, namun juga memerangi penduduk Lebanon. Dahiyeh, rumah bagi sekitar 700.000 orang, sangat terkena dampaknya. Banyak yang percaya bahwa apa yang disebut “serangan presisi” ini tidaklah tepat.

“Orang-orang yang kami ajak bicara di Dahiyeh pada hari Kamis mengatakan bahwa Israel jelas-jelas tidak menghargai nyawa warga sipil dalam upayanya untuk menghilangkan anggota Hizbullah, meskipun jumlah korban meningkat. Masyarakat di sini sangat marah atas tindakan tentara dan pemerintah Israel. Mereka mengatakan ini adalah perang skala penuh yang menyebabkan puluhan ribu pengungsi kehilangan mata pencaharian mereka. Masyarakat tidak memahami mengapa hal ini terjadi atau apa tujuan sebenarnya.”

Elijah Magnier, seorang analis militer, mengatakan persenjataan yang digunakan Israel dalam serangan terbarunya di Beirut adalah “jenis bom yang sangat baru” – GBU-72. Senjata tersebut adalah “penghancur bunker canggih seberat 5.000 pon [2.200kg] yang dibuat pada tahun 2021”, kata Magnier kepada Aljazirah.

photo
Kebakaran terjadi di lokasi serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut Jumat, 27 September 2024. - (AP Photo/Bilal Hussein)

Bom tersebut belum pernah digunakan di masa lalu untuk “tujuan yang sama”, katanya, menunjukkan bahwa Israel ingin “mengkonfirmasi pembunuhan tersebut dan ingin memastikan tidak ada orang yang hidup setelah serangan”.

Bom tersebut dijatuhkan dengan sedikit penundaan, yang memungkinkan bom mencapai bunker di bawah tanah dan merobohkan seluruh bangunan, jelas Maginer. “Kita berbicara tentang empat hingga enam bangunan, yaitu beberapa bom kaliber ini yang digunakan untuk satu sasaran. Artinya, ini adalah target yang sangat tinggi dan berharga – seperti yang diyakini Israel.”

Perdana Menteri sementara Lebanon Najib Mikati mengatakan serangan Israel di pinggiran selatan Beirut menunjukkan mereka “tidak peduli” terhadap upaya untuk mewujudkan gencatan senjata. Kantor pers Mikati mengirimkan pernyataan ketika dia berada di New York untuk menghadiri Majelis Umum PBB di mana AS dan negara-negara lain menyerukan gencatan senjata selama 21 hari antara Israel dan Hizbullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement