Kamis 19 Sep 2024 06:10 WIB

Inter Milan Tahan Imbang Man City di Etihad

Inter bertahan dengan rapi dari gempuran tim asuhan Pep Guardiola.

Penyerang Manchester City Jeremy Doku (kiri) ditantang oleh pemain Inter Milan Alessandro Bastoni dalam pertandingan Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (19/9/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Penyerang Manchester City Jeremy Doku (kiri) ditantang oleh pemain Inter Milan Alessandro Bastoni dalam pertandingan Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (19/9/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inter Milan pulang dari Stadion Etihad dengan satu angka setelah menahan imbang Manchester City 0-0 di Liga Champions pada Kamis (19/9/2024) dini hari WIB. Inter bertahan dengan rapi dari gempuran tim asuhan Pep Guardiola.

Kedua tim menyia-nyiakan banyak peluang dalam pertandingan yang berlangsung sengit. City sebagian besar terhenti oleh disiplin yang mengesankan dari Inter di lini pertahanan. Sementara Inter asuhan Simone Inzaghi, yang berbahaya saat melakukan serangan balik pada malam yang menegangkan bagi kedua tim, tidak memiliki penyelesaian akhir yang baik.

Baca Juga

“Kami menghadapi tim yang sangat sulit,” ujar Guardiola.

“Saya masih sangat, sangat puas dengan permainan yang kami mainkan, terutama dengan cara (Inter) bertahan, mereka ahli dalam hal itu, sangat hebat, mereka saling membantu satu sama lain dengan luar biasa. Jadi, Anda tidak bisa berharap untuk menciptakan banyak peluang.”

Inzaghi juga merasa senang dengan penampilan skuadnya pada malam itu.

“Saya berkata 'kerja bagus, teman-teman', mereka menampilkan performa yang luar biasa,” ujar sang pelatih. “Saya meminta mereka untuk bermain persis seperti yang mereka lakukan. Kita semua tahu Manchester City, apa yang mereka mampu lakukan, kami tahu kami harus melakukan segalanya, memainkan permainan yang hebat dan kami melakukannya.”

Mesin gol City, Erling Haaland, yang akan menjadi pemain tercepat dalam sejarah yang mencatatkan 100 gol untuk sebuah klub Eropa jika dia mencetak gol, harus menunggu untuk mencapai tonggak sejarah tersebut.

Pemain asal Norwegia, yang telah mencetak sembilan gol dari empat pertandingan Liga Primer musim ini, nyaris melewatkan beberapa peluang di babak pertama, termasuk sundulan yang berhasil diamankan oleh kiper Yann Sommer di garis gawang, serta tendangan keras mendatar yang masih melebar dari tiang gawang.

Henrikh Mkhitaryan membuat para pendukung City bernafas lega ketika dia melewatkan sebuah kesempatan pada menit akhir, meluncurkan sebuah tendangan yang melambung tipis di atas mistar gawang dari jarak sekitar delapan meter, lalu memegangi kepalanya dengan tidak percaya.

Di sisi lain, Ilkay Gundogan membuat para pendukung City mengeluh setelah dua kali gagal mencetak gol dari jarak dekat di detik-detik terakhir. Percobaan pertama mengarah tepat ke kiper lawan, dan tendangan kedua melayang tipis di atas mistar gawang sebelum peluit akhir dibunyikan.

City melepaskan 22 tembakan berbanding 13 tembakan milik Inter, namun hanya memiliki satu tembakan tepat sasaran lebih banyak dari tim tamu dengan lima tembakan.

“Pertandingan yang sangat intens melawan lawan yang sangat kuat,” kata bek City, Ruben Dias, kepada TNT.

“Kami tahu apa yang akan terjadi, mereka juga tim papan atas, mereka terbiasa menang, dan kami tahu bahwa kami tidak akan mendapatkan pekerjaan yang mudah. Pada akhirnya, saya pikir tim tampil dengan performa yang luar biasa, kami hampir saja mencetak gol.”

Di bawah format baru Liga Champions, tim-tim memainkan delapan pertandingan melawan delapan lawan yang berbeda, dengan delapan tim teratas dalam liga yang beranggotakan 36 tim ini secara otomatis melaju ke babak 16 besar, dan 16 tim berikutnya akan memainkan babak sistem gugur.

“Kami lebih memilih untuk menang, tetapi kami memiliki tujuh pertandingan (tersisa untuk melaju), kita lihat saja apa yang akan terjadi,” ujar Guardiola.

Itu adalah penampilan yang kurang memuaskan bagi juara bertahan empat kali Liga Inggris, City, yang berada di posisi yang tidak asing lagi, duduk di puncak klasemen Liga Inggris setelah empat pertandingan dengan rekor 100 persen. Inter berada di urutan ketiga dalam klasemen Serie A.

Satu hal negatif pada malam itu adalah potensi cedera pada kapten City, Kevin De Bruyne, yang terlihat mengalami benturan pada akhir babak pertama dan tidak bermain pada babak kedua.

“Saya belum berbicara dengan para dokter,” ujar Guardiola.

Timnya akan menghadapi pertandingan sengit lainnya pada hari Minggu ketika mereka menjamu Arsenal, yang tertinggal dua poin di belakang mereka di klasemen.

City, yang mengalahkan Inter 1-0 untuk mengangkat trofi Liga Champions 2023 di Istanbul sebagai bagian dari treble mereka, tersingkir oleh juara bertahan Real Madrid di perempat final kompetisi tertinggi Eropa musim lalu, sementara Inter disingkirkan Atletico Madrid di babak 16 besar.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement