Selasa 17 Sep 2024 17:14 WIB

KPK Singgung Sosok Y Terkait Jet Pribadi Kaesang

Y selaku pemilik jet pribadi yang ditumpangi Kaesang akan diperiksa KPK.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan adanya sosok teman dari anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep yang memberi tumpangan jet pribadi ke Amerika Serikat (AS). Kaesang dan istrinya Erina Gudono menjadi sorotan publik lantaran terbang ke negeri Paman Sam menggunakan jet pribadi.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan, Kaesang mengakui ada tumpangan dari temannya ketika bepergian ke AS. Pengakuan Kaesang itu tertulis ketika mengisi formulir guna melakukan klarifikasi di Gedung KPK. "Inisial Y, kalau enggak salah depannya," kata Pahala kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga

Walau begitu, menurut Pahala, Kaesang tak menerangkan secara rinci soal sosok temannya itu. Sehingga hal itu bakal didalami oleh penyidik KPK. "Tapi kita nggak tahu nih, benar nggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA atau apa. Jadi dia bilang pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi," ujar Pahala.

Mengenai teman Kaesang berinisial 'Y' yang tak ikut dalam satu jet yang sama, Pahala akan mengonfirmasi kepada yang bersangkutan. KPK pun akan meminta Y untuk klarifikasi masalah itu. "Nanti kita tanya, nih, sama temannya yang ditulis cuman nebeng temen. Nanti kita tanya," ujar Pahala.

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendatangi Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa guna mengklarifikasi soal penggunaan jet pribadi ketika melakukan kunjungan ke AS bersama Erina Gudono. Kaesang mengeklaim, jet pribadi yang ditumpanginya itu ialah milik seorang rekannya.

"Saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman," kata Kaesang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement