Sabtu 14 Sep 2024 18:16 WIB

Gagal Penalti Menit Akhir, Barito Putera Harus Puas Ditahan Imbang Persik

Barito Putera bermain imbang 2-2 melawan Persik Kediri.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Logo BRI Liga 1
Foto: Sepak Pojok
Logo BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bergantian memimpin, duel antara tuan rumah Barito Putera melawan Persik Kediri pada pekan keempat BRI Liga 1 2024/2024 berakhir imbang. Barito Putera ditahan imbang tamunya Persik 2-2 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (14/9/2024).

Tim tamu Persik Kediri unggul terlebih dulu 1-0 pada menit ke-45 melalui Ramiro Fergonzi. Barito Putera membalikan keadaan menjadi 2-1 melalui brace dari Youssef Ezzejjari di menit 67 dan 79. Tiga poin yang sudah didepan mata, harus berganti hanya satu point. Menyusul gol penalti injury time dari Ze Valente.

Baca Juga

Dengan masing-masing tambahan satu poin. Persik Kediri kini berada di posisi 10 dengan nilai lima, hasil sekali menang, dua seri, dan sekali kalah. Barito Putera ada di posisi 12 dengan nilai empat, hasil sekali menang, sekali imbang, dan dua kali kalah.

Setelah menemui kebuntuan hampir sepanjang babak pertama, Fergonzi membuka keunggulan sebelum turun minum. NBerawal dari overlap Nurifasya, ia melihat Fergonzi berdiri tak terkawal. Ia mengirimkan bola dan dengan tenang disambut Fergonzi lewat penyelesaian yang menggetarkan jala gawang Barito Putera. Persik unggul 1-0 saat masuk ke ruang ganti.

Barito tak mau kehilangan angka lagi begitu saja. Tim asuhan Rahmad Darmawan ini makin gencar memberikan tekanan. Menit ke-63, Rizky Porra mengambil tendangan bebas menaruh bola di kerumunan pemain, Eksel memenangkan duel udara menanduk bola dengan keras, kiper Leonardo Navacchio tidak dapat menjangkaunya. Namun gol tersebut dianulir oleh wasit karena VAR menyatakan Eksel dalam posisi offside.

Menit ke-67, Ezzejjari berhasil memaksimalkan peluang pertamanya setelah dimasukkan. Eksel melepas umpan daerah kepada Ezzejjari yang terlepas dari jebakan offside. Ezzejjari menghadapi Leonardo satu lawan satu dan berhasil menaklukkan penjaga gawang asal Brasil ini. Barito menyamakan kedudukan 1-1.

Ezzejjari hampir mencetak gol kedua semenit kemudian. Morelatto berhasil merebut bola dari pemain belakang Persik, Barito berhasil unggul menghadapi pemain belakang tiga melawan dua. Morelatto memilih mengoper kepada Ezzejjari. Setelah satu kali kontrol, ia langsung melepaskan tembakan ke gawang yang kali ini berhasil ditepis Leonardo.

Menit ke-79, Morelatto menusuk dari sisi kanan lapangan, melepaskan umpan ke tiang jauh. Di sana sudah ada Ezzejjari yang siap menunggu. Leonardo gagal menjangkau umpan datar dari Morelatto sehingga Ezzejjari dengan mudah mendapatkan gol keduanya. Barito memperlebar jarak 2-1.

Menit ke-90, Firly menjatuhkan Kiko didalam kotak penalti, VAR menyatakan adanya penalti dan wasit pun menghukum Barito. Ze Valente mengambil eksekusi dari titik putih. Satria Tama berhasil menebak tendangan dari Ze Valente, tapi bola terlalu ke pojok sehingga tidak dapat dijangkau. Persik mampu menyamakan skor menjadi 2-2.

Menit ke-97, Ezzejjari gagal mencetak hattrick sekaligus mempersembahkan kemenangan untuk Barito setelah mendapatkan hadiah penalti karena handball Mejed Osman. Sepakan penalti Ezzejjari berhasil dibaca Leonardo yang bisa menangkap bola dengan sempurna untuk menjaga skor 2-2 hingga laga berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement