Selasa 27 Aug 2024 14:51 WIB

Turnamen Mustika Java International Cup 2024 Kirim Juara ke Ajang Internasional

Ia ingin mereka bisa mengharumkan nama Indonesia di luar negeri.

Turnamen usia dini, Mustika Java International Cup 2024 telah berakhir pada Ahad (25/8/2024).
Foto: Dok. MJI
Turnamen usia dini, Mustika Java International Cup 2024 telah berakhir pada Ahad (25/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turnamen usia dini, Mustika Java International Cup 2024 telah berakhir pada Ahad (25/8/2024). Turnamen yang digelar di Stadion Madya, Jakarta Pusat sejak Sabtu (24/8/2024) itu berlangsung meriah dan menampilkan persaingan ketat dari para pesertanya.

Ajang yang diselenggarakan oleh Java Soccer Academy dan Mustika Eka Unggul itu mempertandingkan dua kategori, yakni Sekolah Sepak Bola (SSB) U-12 dan U-14 serta Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan format 7 vs 7.

Untuk kategori U-12, Akademi Persib Cimahi A keluar sebagai juara usai mengalahkan Persib Cimahi B di laga final. Sementara kategori U-14 dimenangkan Jakarta Academy Soccer yang sukses menaklukan Imran Soccer Academy.

Terakhir untuk kategori U-16, SMA 1 Cipta Cendikia menjadi tim yang mengangkat trofi menyusul kemenangannya atas SMA 2 Gunung Putri Putih.

Tim juara dari kategori SSB berhak mendapat hadiah piala dan diberangkatkan ke Malaysia untuk bertarung dalam ajang internasional melawan tim dari Malaysia, SIngapura, Vietnam, Filipina, Sri Lanka, India, dan Pakistan. Sedangkan tim juara kategori SMA berhak mendapat hadiah piala dan uang tunai Rp 10 juta.

Pembina Java Soccer Academy sekaligus CEO PT Mustika Eka Unggul, Reza Eka Pahlevi bersyukur ajang Mustika Java International Cup bisa rampung dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Ia berharap ke depan turnamen tersebut bisa diselenggarakan dengan skala yang lebih besar.

"Alhamdulilah Mustika Java International Cup hari ini sudah selesai. Tentu banyak kekurangan di sana sini, Insya Allah kami akan berusaha memperbaiki agar benar-benar menjadi yang paling baik dan mohon doanya juga Insya Allah tahun depan bisa membuat yang seperti ini lagi. Harapan kami mohon doanya mudah-mudahan semakin besar dan gemanya juga semakin besar dan mudah-mudahan semakin banyak peserta yang ikut nanti," kata Reza, Ahad (25/8/2024).

Reza juga berpesan kepada tim yang akan mewakili Indonesia di Malaysia untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ia ingin mereka bisa mengharumkan nama Indonesia di luar negeri.

"Saya ingin menyampaikan tolong dimanfaatkan kesempatan yang ada. Semoga bisa ada banyak manfaat ke depan untuk mereka, jangan sia-siakan dan harus pantang menyerah, sukses. Saya inginnya tim yang berangkat ke Malaysia bisa menjadi juara," ujarnya.

Mustika Java International Cup 2024 dapat terselenggara berkat kerja sama Java Soccer Academy dan PT Mustika Eka Unggul yang berambisi menyaring bibit muda potensial untuk Timnas Indonesia. Dukungan dari Operator Kompetisi Sepak Bola Terbesar di Malaysia, Maxim Event dan Bank Mandiri juga membuat acara dapat berjalan lancar.

Ketua Pelaksana Mustika Java International Cup 2024 Eric Budi Santoso berterima kasih kepada semua pihak yang terus dukung pembinaan pesepakbola usia dini di Indonesia. Ia berharap turnamennya bisa terus berjalan ke depan dan para pemain jebolan turnamen ini dapat menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di masa depan.

"Alhamdulilah hari ini berjalan lancar, luar biasa anak-anak. ini juga pesan dari coach Indra Sjafri, mudah-mudahan ke depan anak-anak bisa menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia. Terima kasih juga kepada CEO PT Mustika Eka Unggul Reza Eka Pahlevi, ini tahun kedua PT Mustika mendukung terus pembinaan pemain sepak bola usia dini, bahkan sampai dengan anak-anak SMA. Harapan saya ke depan, ini bisa lebih besar lagi," kata dia.

Sementara itu, pelatih Akademi Persib Cimahi A Herrie Setyawan mengapresiasi gelaran Mustika Java International Cup 2024. Menurut dia, ajang ini bagus untuk mencari bibit-bibit muda potensial di masa depan.

"Persaingan tentunya sangat ketat. Tapi Alhamdulilah dengan ajang seperti ini ke depan bisa lebih baik lagi. Ini ajang untuk para pemain muda, agar ke depan akan lahir bibit-bibit dari turnamen ini," kata Herrie.

Sebagai salah satu wakil Indonesia yang akan berlaga di Malaysia, Herrie berharap timnya dapat memberikan hasil terbaik. "Karena kita akan bertanggung jawab membawa nama Indonesia di sana, kita harus persiapan semaksimal mungkin. Insya Allah bisa juara," ujarnya.

Daftar Peraih Penghargaan Mustika Java International Cup 2024

Kategori SSB U-12

Juara 1: Persib Cimahi A

Juara 2: Persib Cimahi B

Juara 3: Bandung Legend

Juara4: Anaksini M Socccer

Kategori SSB U-14

Juara 1: Jakarta Academy Soccee

Juara 2: Imran Soccer Academy

Juara 3: Java Soccer

Juara 4: MIFA

Kategori SMA U-16

Juara 1: SMA 1 Cipta Cendikia

Juara 2: SMA 2 Gunung Putri Putih

Juara 3: SMA 1 Taruma Jaya Bekasi

Juara 4: SMA Negeri 3 Jakarta

Penghargaan Individu

Best Player U-12: Algi (Persib Cimahi A)

Best Player U-14: Arya Duta Darmawa (Jakarta Academy Soccer)

Best Player U-16: Ahmad Radan (SMA 1 Cipta Cendikia)

Best Goalkeepper U-12: Argani (Bandung Legend)

Best Goalkeepper U-14: Husein (Java Soccer)

Best Goalkeepper U-16: Erlan Panca (SMA 1 Taruna Jaya Bekasi

Best Supporter: Bandung Legend

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement