Ahad 25 Aug 2024 19:53 WIB

Akankah Airin Pindah Partai ke PDIP? Ini Kata DPD Golkar Banten

Airin hari ini dideklarasikan bersama Ade Sumardi menjadi paslon di Pilgub Banten.

Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), Airin Rachmi Diany.
Foto: Dok Golkar
Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), Airin Rachmi Diany.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Banten, menyebutkan Airin Rachmi Diany tidak akan pindah partai meski maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) di Pilkada serentak bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Airin hari ini dideklarasikan bersama Ade Sumardi menjadi pasangan calon di Pilgub Banten.

"Tidak, bukan soal pindah partai. Bu Airin hanya ikut serta dengan PDIP. Bukan (pindah partai), di sini tidak bahas pindah partai. Dan dari PDIP juga tidak ada kata-kata persyaratan pindah sebagai tanda gabung dengan partainya," kata Ketua DPD Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah di Tangerang, Ahad (25/8/2024).

Baca Juga

Tatu menambahkan, saat ini Airin Rachmi Diany sebagai Calon Gubernur Banten telah mendapat dukungan penuh dari PDI Perjuangan dengan dipasangkan bersama Ade Sumardi. Bentuk dukungan itu, diberikan partai berlambang banteng ini melalui penyerahan surat keputusan (SK) persetujuan B1 Parpol KWK untuk maju di Pilkada 2024.

"Ini acaranya PDIP. Mereka dalam rangka menyerahkan B1 KWK ke calon di Pilgub dan Pilkada Kabupaten/Kota se-Banten," katanya.

Tatu mengatakan, dengan majunya Airin Rachmi Diany sebagai Bakal Calon Gubernur di Pilkada Banten ini tidak mendapat rekomendasi dari partai Golkar atas keputusan Ketua Umum Bahlil Lahadalia. Di mana, katanya, alasan Golkar untuk tidak mengusung Airin karena memiliki rencana lain dalam calon yang diusung pada Pilgub Banten.

"Tapi Pak Bahlil sudah mengetahui dan mempersilakan. Jadi Airin atas nama pribadi. Pak Bahlil memahami itu," ujarnya.

Tatu mengungkapkan, atas keputusan tersebut DPD Golkar Banten pun memahami dan menyepakati dari keinginan pimpinan sebagai kebaikan partainya untuk ke depan.

"Kalau berkaitan dengan keselamatan ya kader tentunya mengikuti. Dan sekaligus saya sebagai ketua DPD Golkar beserta Bu Airin memohon izin untuk tetap ikut dalam Pilkada ini bersama PDIP, karena mereka sudah mengajak untuk ikut kontestasi," ungkapnya.

Meski DPP Golkar tidak memberikan rekomendasi kepada Airin untuk maju di Pilkada. Namun, dewan pimpinan daerah Banten sudah meminta izin untuk tetap ikut maju dalam perhelatan pemilihan kepala daerah bersama PDIP.

Diketahui, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar deklarasi Pilkada serentak untuk Gubernur/Wakil Gubernur, Walikota/Wakil Walikota dan Bupati/Wakil Bupati se-Provinsi Banten. Adapun dalam deklarasi ini, PDIP mendukung beberapa calon diantaranya seperti Gubernur/Wakil Gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi, WaliKota/Wakil Walikota Serang Ratu Ria-Subadri Ushuludin, Walikota/Wakil Walikota Cilegon Robinsar-Fajar Hadi Prabowo, Walikota/Wakil Walikota Tangerang Sahrudin-Maryono Hasan dan Walikota/Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

Sementara untuk calon Bupati/Wakil Bupati Serang Andika Hazrumi-Nanang, Bupati/Wakil Bupati Lebak Hasbi Jayabaya-Amir Hamzah, Bupati/Wakil Bupati Pandeglang Fitron-Diana, Bupati/Wakil Bupati Tangerang Mad Romli-Irvansyah.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement