Selasa 13 Aug 2024 16:08 WIB

Menkominfo Paparkan Dukungan Teknologi Informasi dalam Pembangunan IKN

IKN akan terus dibangun hingga selesai.

Suasana di IKN.
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Suasana di IKN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memaparkan dukungan teknologi informasi dalam pembangunan dan pengelolaan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

Usai mendampingi Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto memantau pembangunan IKN pada Senin, dia mengemukakan bahwa teknologi informasi akan menjadi tulang punggung dalam mengelola kota cerdas di wilayah ibu kota.

Baca Juga

"Keberlanjutan pembangunan IKN tidak hanya terletak pada infrastruktur fisik, tetapi juga pada bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk menciptakan ibu kota yang cerdas dan berkelanjutan," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian.

"Ini tentang bagaimana kita memanfaatkan teknologi untuk menciptakan ibu kota yang cerdas dan terhubung," kata dia.

Dengan sistem yang terhubung dan berbasis teknologi tinggi, IKN diharapkan mampu menghadirkan layanan publik yang lebih efisien dan ramah lingkungan sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Budi Arie menyatakan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung penuh transformasi digital di IKN untuk memastikan ibu kota yang baru tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, tetapi juga menjadi contoh kota masa depan yang modern dan berkelanjutan.

Selama meninjau pembangunan IKN, Menkominfo bersama menteri-menteri yang lain mendampingi Presiden Joko Widodo keliling Embung MBH dan mendengarkan penjelasan mengenai peran strategis embung dalam menjaga ekosistem dan kualitas lingkungan IKN.

Mereka juga mengunjungi Sumbu Kebangsaan, area yang dirancang sebagai simbol persatuan dan kemajuan bangsa.

Budi Arie menyampaikan bahwa Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan IKN.

"Bapak Prabowo mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh Presiden Jokowi dan bertekad untuk memastikan bahwa pembangunan ini berjalan sesuai dengan rencana dan visi yang telah ditetapkan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement