Selasa 30 Jul 2024 20:38 WIB

Amankan Laga Semifinal Piala Presiden, Polisi Terjunkan 1.160 Personel Gabungan

Polresta Solo sudah punya pengalaman mengamankan event sepak bola dunia.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Israr Itah
Piala Presiden 2024
Foto: dok Piala Presiden 2024
Piala Presiden 2024

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Setelah berubahnya regulasi Persis Solo menjadi tuan rumah, pihak keamanan menambah jumlah personel untuk mengamankan laga semifinal Piala Presiden 2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (30/7/2024) dan Rabu (31/7/2024).

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan ada 1.160 personel gabungan yang akan dikerahkan untuk laga semifinal dan final.

Baca Juga

"Kemudian ada perubahan regulasi mengenai suporter. Intinya kami sudah menyiapkan dari awal Stadion Manahan sebagai venue Piala Presiden. Untuk semifinal dan final sudah kami siapkan dengan 1.160 personel gabungan. Ini cukup banyak," Kata Iwan, Selasa (30/7/2024).

Pihaknya mengatakan salah satu alasan penambahan tersebut adalah untuk mengantisipasi membludaknya penonton tim tuan rumah ke stadion. "Kami mengantisipasi salah satu olahraga yang digemari masyarakat Solo. Di mana warga Solo punya klub kebanggaan yang akan berlaga di semifinal dan tidak menutup kemungkinan masuk ke partai final," katanya.

Pihaknya mengaku siap mengamankan jalannya laga semifinal Piala Presiden tersebut. Sebab, Polresta Solo telah berpengalaman terkait pola pengamanan sejumlah event internasional sepak bola yang pernah terselenggara salah satunya, Piala Dunia U-17.

"Kegiatan Piala Presiden bukan hal baru. Kami sudah menyelenggarakan event termasuk internasional dimana menerapkan aturan dari FIFA. Intinya Solo siap menjadi tuan rumah partai semifinal dan final Piala Presiden 2024," jelas Kombes Pol Iwan.

Kapolresta pun mengimbau perubahan regulasi yang membuat suporter bisa datang ke stadion direspons dengan tertib saat menonton pertandingan.

"Masyarakat yang menonton dan menyaksikan langsung patuh regulasi. Kami dari Polresta Solo terus membangun sinergi yang positif, membangun koordinasi yang baik anatar korlap suporter, para suporter dari elemen manapun untuk bisa menjaga ketertiban selama atau setelah pertandingan," katanya mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement