Kamis 25 Jul 2024 09:46 WIB

Laga Israel Vs Mali Lancar, Hanya Lagu Kebangsaan Zionis yang Dapat Sorakan

Prancis menurunkan pengamanan berlapis menjaga kelancaran laga Israel vs Mali.

Penonton mengibarkan bendera Palestina saat menyaksikan pertandingan antara Israel dan Mali di Parc des Princes saat Olimpiade 2024, Rabu, 24 Juli 2024, di Paris, Prancis.
Foto:

Para penggemar yang membawa bendera Israel mengatakan mereka tidak khawatir dengan pertandingan tersebut, meskipun pertandingan ini dianggap “berisiko tinggi”. Lyrome Barouk, 19, seorang pendukung Israel yang hadir bersama saudara laki-laki dan perempuannya, mengatakan dia khawatir untuk datang ke pertandingan tersebut. “Tuhan melindungi kami,” katanya dikutip dari Guardian.

Darmanin sebelumnya telah menyampaikan kekhawatirannya mengenai pertandingan Israel dan pertandingan antara Ukraina dan Irak di kota Lyon tenggara. Ia hadir di Parc des Princes bersama Presiden Israel Isaac Herzog.

Berbicara pada pertandingan yang berakhir dengan hasil imbang Israel 1-1 dengan Mali, Darmanin mengatakan kepada wartawan kepuasannya terhadap operasi tersebut. “Kami berutang keamanan ini kepada seluruh dunia,” katanya. “Ancaman terhadap negara kami adalah ancaman yang menjadi perhatian dunia barat.”

Sebelumnya pada hari itu, di markas pelatihan mereka di Croissy, 12 mil sebelah barat Paris, para pemain Israel diminta untuk menghindari menjawab pertanyaan politik dari wartawan.

Ditanya soal keamanan, tiga pemain menjawab bahwa mereka merasa nyaman, siap dan senang berada di Paris. “Kami datang ke sini untuk menang dan mencapai banyak hal bersama tim ini dan sangat bersemangat,” kata Omri Gandelman, gelandang yang bermain untuk klub Belgia Gent. “Ada pekerjaan yang harus kami selesaikan.”

Guy Luzon, pelatih tim, yang memimpin Israel lolos ke Olimpiade pertama mereka sejak 1976, juga mengaku tidak khawatir dengan atmosfer di stadion. “Ini akan menjadi atmosfer yang luar biasa dan saya yakin kami akan memiliki banyak pendukung,” ujarnya. “Kami tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitar kami.”

Juru bicara tim Olimpiade Israel mengatakan: “Komite ini fokus pada olahraga. Perwujudan apa pun yang akan ada atau tidak, sama sekali tidak relevan. Posisinya ada di sini untuk bermain, mengesampingkan politik.”

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement