Rabu 24 Jul 2024 06:34 WIB

David de Gea Siap Kembali ke MU Jika Erik ten Hag Pergi

De Gea berlatih privat selama setahun setelah tak memiliki klub.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
 Mantan kiper Manchester United David de Gea
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Mantan kiper Manchester United David de Gea

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- David de Gea siap kembali ke Manchester United (MU) sebelum Erik ten Hag dipertahankan sebagai manajer untuk musim ketiga, menurut laporan yang beredar, dikutip dari Daily Mail.

Kiper asal Spanyol itu sebelumnya merupakan kiper nomor satu United pada musim pertama Ten Hag sebagai manajer. Namun serangkaian kesalahan besar di bawah mistar gawang pada akhirnya membuatnya digantikan.

Baca Juga

Akhir yang buruk dari 12 tahun kebersamaannya di Old Trafford membuat kontraknya tampaknya akan diperpanjang sebelum akhirnya dibiarkan habis oleh klub yang akhirnya memutuskan untuk tidak menawarkan kesepakatan baru.

Andre Onana kemudian didatangkan sebagai penggantinya dari Inter Milan saat De Gea tidak memiliki klub dan berstatus sebagai pemain bebas untuk pertama kalinya dalam kariernya.

Namun, perjuangan pemain asal Kamerun ini selama beberapa bulan pertamanya sebagai pemain nomor satu United memicu seruan dari para penggemar agar De Gea kembali. Penyelamatan-penyelamatan gemilangnya selama bertahun-tahun membuat De Gea disebut-sebut sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia.

Meskipun diminati tim-tim top Eropa dan Arab Saudi, De Gea memutuskan untuk beristirahat selama satu musim dari sepak bola dan ingin kembali ke United, seperti yang dilaporkan oleh The Athletic.

Pemain berusia 33 tahun itu merasa kesal dengan tindakan Ten Hag dan mantan direktur sepak bola John Murtough yang mengawasi kepergiannya secara diam-diam dan hanya akan kembali ke mantan klubnya jika mereka berdua sudah tidak ada di sana.

Murtough dicopot dari jabatannya sementara Ten Hag tampaknya akan dipecat setelah musim terburuk yang pernah dialami klub di Liga Primer yang membuat mereka finis di peringkat delapan klasemen dengan selisih gol negatif, namun diselamatkan dengan memenangkan Piala FA.

Sir Jim Ratcliffe dan tim olahraga INEOS kemudian memutuskan bahwa pelatih asal Belanda itu adalah orang terbaik untuk memimpin klub ke depan menyusul investasi baru mereka dan menyela liburan musim panasnya di Ibiza untuk mengadakan pembicaraan.

Dia kemudian menyetujui perpanjangan kontrak satu tahun, yang mendorong De Gea untuk mengevaluasi kembali rencananya untuk mengamankan reuni dengan mantan rekan-rekannya di United.

Sang penjaga gawang telah mempertahankan ketajamannya dengan menjalani sesi latihan privat dan telah mendapat tawaran dari Arab Saudi, Amerika Serikat, dan Italia.

De Gea baru-baru ini mengunggah sebuah gambar jam pasir di media sosial yang mengisyaratkan bahwa ia akan segera mengumumkan tujuan selanjutnya setelah membuat 545 penampilan untuk United sejak bergabung di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement