Sabtu 20 Jul 2024 21:01 WIB

Manfaat Ikut MSIB: Dari Diterima Kerja Sampai Bicara di Depan Presiden

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terus menunjukkan dampak positifnya terhadap para peserta.
Foto: Dokumen
Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terus menunjukkan dampak positifnya terhadap para peserta.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terus menunjukkan dampak positifnya terhadap para peserta. Salah satu cerita sukses datang dari Satriyo Witjaksono, seorang mahasiswa Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Bogor yang berkesempatan membagikan cerita dan pengalamannya selama menjadi peserta MSIB Batch 1 dan 2 dihadapan Presiden Joko Widodo pada acara Vokasifest x FKM 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta akhir tahun lalu.

Satriyo memulai perjalanannya dengan mengikuti program MSIB yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada batch 1. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja nyata diberbagai perusahaan terkemuka dan mengikuti studi independen yang relevan dengan bidang studi mereka. Satriyo memilih untuk magang disalah satu perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yaitu Zenius dan pada batch 2 di Telkom Indonesia.

Baca Juga

Pengalaman magang ini tidak hanya memberikan Satriyo pengetahuan praktis dan keterampilan teknis yang sangat dibutuhkan didunia kerja, tetapi juga membantunya membangun jaringan profesional yang luas. Berkat kinerja dan dedikasinya, Satriyo berhasil mendapatkan tawaran kerja sebelum lulus dari universitas, dan saat ini sudah bekerja sebagai Frontend Developer at INA Digital – Telkom Indonesia.

“Program MSIB benar-benar membuka banyak pintu bagi saya. Selain mendapatkan pengalaman berharga, saya juga memiliki kesempatan untuk bekerja diperusahaan yang saya impikan. Ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam karir saya,” ujar Satriyo dalam rilis yang diterima, Rabu (10/7/2024).

Selain sukses dalam karir, Satriyo terpilih menjadi salah satu perwakilan dari Universitas swasta. yang berkesempatan untuk menjadi pembicara dihadapan Presiden Joko Widodo. Dalam pemaparannya, Satriyo membahas tentang pentingnya inovasi dan kolaborasi antara generasi muda dan pemerintah untuk menghadapi tantangan di era digital serta berbagi pengalaman selama mengikuti MSIB sehingga Satriyo menuai manfaat untuk masa depannya.

“Ini salah satu bukti nyata manfaat mengikuti program MSIB. Program ini tidak hanya membantu saya mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, tetapi juga memberikan platform untuk menyuarakan ide-ide dan kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa. Dengan semangat dan dedikasi, generasi muda Indonesia dapat meraih prestasi gemilang dan berkontribusi positif bagi negeri tercinta,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement