Kamis 11 Jul 2024 09:34 WIB

Kolombia Tantang Argentina di Final Copa America 2024

Kolombia mengalahkan Uruguay 1-0 pada semifinal Copa America 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Kolombia Kevin Castano (tengah) dan Yerry Mina (kanan) merayakan keberhasilan lolos ke final Copa America 2024. Kolombia mengalahkan Uruguay 1-0 di semifinal, Kamis (11/7/2024) pagi WIB.
Foto: PA-EFE/ERIK S. LESSER
Pemain Kolombia Kevin Castano (tengah) dan Yerry Mina (kanan) merayakan keberhasilan lolos ke final Copa America 2024. Kolombia mengalahkan Uruguay 1-0 di semifinal, Kamis (11/7/2024) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolombia lolos ke final Copa America 2024 untuk menantang juara bertahan Argentina pada laga puncak. Ini setelah La Tricolor mengalahkan Uruguay 1-0 pada laga semifinal di Stadion Bank America, Charlotte, AS, Kamis (11/7/2024) pagi WIB.

Kemenangan Kolombia ditentukan oleh sundulan Jefferson Lerma pada menit ke-39. Uruguay tak mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain setelah Daniel Munoz diusir wasit pada menit 45+1 akibat menerima kartu kuning kedua.

Baca Juga

Kolombia akan menghadapi Argentina, yang sehari sebelumnya mengalahkan Kanada 2-0 dalam pertandingan semifinal lainnya 

Jalannya pertandingan

Lima belas menit laga berjalan baru ada satu tembakan ke arah gawang yang dilakukan Kolombia. Sundulan Daniel Munoz masih melebar di kanan gawang Uruguay.

Menit ke-17, Uruguay melepaskan tendangan berbahaya pertama, tapi bola sepakan Darwin Nunez masih melebar. Lima menit berselang Nunez kembali lepaskan tendangan tapi belum juga tepat sasaran.

Menit ke-28, untuk ketiga kalinya pemain Liverpool melepaskan tendangan kerasnya yang lagi-lagi masih menyamping.

Menit ke-34, Kolombia memberi ancaman. Kali ini sundulan Jhon Cordoba masih melambung.

Jefferson Lerma membawa Kolombia unggul 1-0 pada menit-39. Sundulan yang dipantulkan ke tanah menyambut umpan James Rodriguez tak bisa dijangkau kiper Uruguay Sergio Rochet.

Kolombia nyaris menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit 44. Tendangan Richard Rios masih diselamatkan Sergio Rochet.

Petaka datang untuk Kolombia menit 45+1 Daniel Munoz yang menyikut pemain Uruguay, Ia diganjar kartu kuning kedua sehingga mendapat kartu merah.

Bermain dengan sepuluh pemain, Kolombia masih punya peluang terkahir di menit 45+9, tendangan cungkil Luis Diaz masih ditangkap kiper Uruguay. Skor tak berubah hingga babak pertama usai.

Unggul jumlah pemain, tapi 15 menit babak kedua, Uruguay belum bisa memberikan ancaman berarti. Kolombia masih mampu memberikan perlawanan.

Menit ke-67, Uruguay memasukan Luiz Suarez menggantikan Guillermo Varela. Lima menit berselang Suarez melepaskan tendangan keras yang sayangnya masih membentur tiang gawang.

Uruguay terus menekan Kolombia. Pada menit ke-75, giliran tendangan Fede Valverde yang masih melebar.

Menit ke-87, Kolombia justru mendapat peluang emas melalui Mateus Uribe, tendangannya dari dalam kotak penalti masih melenceng di kanan gawang Uruguay.

Menit 90+3 Giorgian De Arrascaeta mendapat umpan dari Luiz Suarez. Namun tendangan kerasnya masih melambung di atas mistar gawang Kolombia.

Menit 90+4 Kolombia nyaris menambah gol tendangan Mateus Uribe masih mengenai paha Sergio Rochet, bola pantulan mengenai mistar gawang dan diamankan Kiper Uruguay tersebut.

Menit 90+8 Lerma melepaskan tendangan setengah lapangan, karena gawang Uruguay sudah ditinggal Sergio Rochet. Beruntung bagi Uruguay tendangan masih jauh dari sasaran. Namun hingga laga usai, Kolombia bisa mempertahankan keunggulan untuk berlaga di final.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement