Senin 01 Jul 2024 17:40 WIB

Thailand Melaju ke Final Piala AFF U-16, Menang Comeback atas Vietnam

Thailand mengalahkan Vietnam 2-1 pada semifinal Piala AFF U-16.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Piala AFF U-16 2024
Foto: dok AFF
Piala AFF U-16 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Thailand lolos ke final ASEAN U-16 Boy's Championship atau Piala AFF U-16 2024 setelah menang pada laga semifinal. Runner-up Grup C ini mengalahkan Vietnam 2-1 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/7/2024) sore.

Pada partai final, Thailand akan menunggu pemenang laga semifinal lainnya yang akan dimainkan malam ini antara juara Grup A Indonesia dan juara Grup C Australia.

Baca Juga

Kedua tim bermain imbang 0-0 pada babak pertama. Vietnam, juara Grup V, memimpin 1-0 pada menit ke-52.

Vietnam unggul berkat gol penalti yang dilepaskan Dau Hong Phong. Dia mengeksekusi penalti dengan baik. Ia melepaskan tendangan ke kiri kiper Thailand, sedangkan sang kiper melompat ke arah berlawanan untuk membawa Vietnam memimpin 1-0.

Thailand mencetak gol pada menit ke-60 melalui sundulan kepala Phuriphan Phothong membuat skor imbang 1-1. Sundulan dari jarak jauh hanya selangkah saja dari kotak luar pertahanan Vietnam, melambung masuk gawang tanpa bisa diantisipasi kiper ataupun pemain belakang Vietnam.

Selepas mencetak gol, Phuriphan terpaksa keluar lapangan setelah mendapat perawatan medis. Saat melakukan sundulan menyusul halauan pemain Vietnam dari tendangan penjuru, Phuriphan beradu kepala dengan pemain Vietnam.

Menit ke-75 pemain Vietnam terjatuh bertabrakan dengan pemain Thailand. Wasit sempat berdiskusi dengan petugas VAR. Hasilnya, kali ini tidak ada penalti, tendangan gawang untuk Thailand.

Chaiwat mencetak gol kedua untuk Thailand pada menit 90+3, memaksimalkan umpan dari Suwakorn. Tendangan keras dari kotak penalti Chaiwat walau sempat dihalangi pemain Vietnam tetapi tendangan kerasnya deras meluncur ke dalam gawang Vietnam. Thailand berbalik unggul 2-1 untuk memastikan tiket ke final.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement