Senin 17 Jun 2024 12:04 WIB

Khutbah Idul Adha di UMJ, Khatib Ingatkan Pentingnya Integritas

Integritas menjadi bagian penting yang perlu dimiliki setiap individu.

Ratusan jamaah melaksanakan sholat Idul Adha 1445 Hijriah padati Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Senin (17/6/2024) pagi.
Foto: Universitas Muhammadiyah Jakarta
Ratusan jamaah melaksanakan sholat Idul Adha 1445 Hijriah padati Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Senin (17/6/2024) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan jamaah melaksanakan sholat Idul Adha 1445 Hijriah padati Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Senin (17/6/2024) pagi. Jamaah didominasi oleh civitas academika UMJ dan masyarakat sekitar. 

Salat Idul Adha diselenggarakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid At-Taqwa UMJ berdasarkan penetapan 10 Zulhijjah 1445 H oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 pada 12 Januari 2024 lalu.

Baca Juga

Pelaksanaan salat Idul Adha, dipimpin oleh imam tetap Masjid At-Taqwa UMJ Ustaz Teguh Agus Wahyuda, SPd, dan khatib Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Banten Dr H M Syamsuddin, M Pd. Rangkaian salat Idul Adha dimulai pukul 07.00 WIB.

Dalam khutbahnya, Syamsuddin menjelaskan tentang makna integritas yang menjadi pengajaran dalam ibadah kurban. Integritas berarti menunjukkan keakuratan tindakan seseorang baik ucapan dan perbuatannya.

 

photo
Ratusan jamaah melaksanakan sholat Idul Adha 1445 Hijriah padati Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Senin (17/6/2024) pagi. - (Universitas Muhammadiyah Jakarta)

Contoh integritas dapat dilihat dari pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan untuk menunaikan ibadah kurban dengan menyembelih putranya. Sebagai bentuk ketaatan terhadap Allah Swt, Ibrahim melaksanakannya. “Makna Ibadah kurban menunjukkan kepatuhan yang konsisten, tanpa kompromi terhadap rintangan dan cobaan yang menghadang,” ucap Syamsuddin.

Oleh karenanya Syamsuddin menegaskan, integritas menjadi bagian penting yang perlu dimiliki setiap individu. Integritas menggambarkan seseorang bertindak sesuai dengan keyakinan hati, ucapan lisan maupun perbuatan.

Terdapat tiga jenis integritas utama yang dibutuhkan yaitu intelektual, spiritual, dan moral. Kaum muslimin dapat membentuk integritas dengan pilar kekuatan umat Islam misalnya masjid, pesantren dan kampus. 

Pelaksanaan salat Idul Adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. DKM Masjid At-Taqwa menerima sebanyak 9 ekor sapi dan 26 ekor kambing. Penyembelihan hewan berlangsung seusai salat Iduladha di halaman masjid At-Taqwa. 

Ketua DKM Masjid At-Taqwa UMJ Bambang Irawan, MPdI mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih pada semua pihak yang mempercayai DKM At-Taqwa untuk menyembelih dan menyalurkan daging kurban. "Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan menjadi lebih baik lagi ditahun berikutnya," ucap Bambang saat ditemui usai sholat Idul Adha. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement