Ahad 16 Jun 2024 19:40 WIB

Apa dan Siapa Zionis?

Banyak orang Yahudi yang menentang keberadaan zionisme-politik dan Israel.

Para anggota Neturei Karta, gerakan Yahudi ortodoks. Mereka termasuk yang keras memprotes zionisme-politik, yang mewujud pada eksistensi Israel.
Foto:

Ada berbagai hipotesis tentang asal mula Ashkenazi. Ernest Renan (1823-1892), filsuf Prancis yang juga pakar sejarah Semit mengemukakan Teori Khazaria. Mengutip karyanya, Judaism as a Race and as a Religion (1883), ia berpendapat, Yahudi Ashkenazi adalah keturunan bangsa Khazar yang pernah berjaya di Asia Tengah.

Mereka tidak berasal dari Kanaan (Palestina). Justru, asalnya adalah bangsa Turki—merujuk pada Asia Tengah, bukan negara Turki modern—yang kemudian memeluk agama Yahudi. Sesudah bangsa Mongol menyerbu Imperium Khazaria di utara Laut Kaspia, lanjut Renan, mereka pun bermigrasi ke Eropa. Bahasa yang dipakainya bukanlah Ibrani, seperti kebanyakan kaum Yahudi penghuni Kanaan, melainkan Yiddish.

Baru-baru ini, muncul riset tes genetik terkait Yahudi Ashkenazi. Itu dilakukan seorang ahli genetika dari Universitas John Hopkins School of Public Health, Eran Elhaik. Pada 2013, ilmuwan Israel ini mempublikasikan hasil penelitiannya dalam artikel “The Missing Link of Jewish European Ancestry: Contrasting the Rhineland and the Khazarian Hypothese.”

Eran Elhaik menemukan, genom orang Yahudi Ashkenazi didominasi komponen Khazaria hingga 30-38 persen. Sementara, komponen Timur Tengah-nya sangat kecil. Artinya, mereka sangat sulit untuk dianggap berasal dari Tanah Kanaan atau Palestina. Elhaik juga mengungkapkan, adanya kesamaan genetika antara Yahudi Ashkenazi dan populasi Kaukasus bila ditinjau dari garis ayah, berdasarkan riset atas Y-Chromosom DNA, maupun garis ibu, bila dilihat dari Mitochondrial DNA.

Maka, bagaimana mungkin Yahudi Ashkenazi mengeklaim Yerusalem sebagai tanah airnya, padahal nenek moyang mereka berasal dari Asia Tengah atau Kaukasus?

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement