Kamis 13 Jun 2024 16:08 WIB

Dorong Transformasi Digital, Telkom Bangun Pusat Data Canggih Berbasis AI

Pusat data akan menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi klien.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gita Amanda
Seremoni Pemancangan Tiang (Piling), Pembangunan Data Center dengan Infrastruktur AI di Batam, Kamis (13/6/2024).
Foto: Dok Republika
Seremoni Pemancangan Tiang (Piling), Pembangunan Data Center dengan Infrastruktur AI di Batam, Kamis (13/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Anak Perusahaan PT Telkom Indonesia, PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) baru saja melakukan seremoni pemancangan tiang (piling) di lahan pembangunan data center berbasis Artificial Inteligence (AI), di Kawasan Industri Terpadu Kabil, Kota Batam, Kamis (13/6/2024) siang WIB. Pembangunan data center AI ini merupakan upaya Telkom untuk terus mendorong transformasi digital di tanah air.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah direksi Telkom dan jajaran sebagai induk perusahaan, serta direksi dan jajaran dari NeutraDC Nxera Batam, dan berbagai mitra. Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir mengatakan kegiatan ini momen penting dalam upaya pihaknya mendukung transformasi digital di Indonesia. NeutraDC Nxera Batam akan menjadi penggerak dalam inovasi teknologi di tanah air. Terutama dalam bidang Artificial Intelligence (AI).

Baca Juga

"Kami bangga melihat langkah maju ini. Ada demografi digital. Lebih dari 75 persen orang di dunia terhubung dengan internet," kata Basyir.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono, menambahkan. Ia menyebut keberadaan data center dengan infrastruktur AI ini akan membuka peluang baru bagi industri di Indonesia untuk memanfaatkan teknologi canggih. Ini sesuai target besar yang mereka canangkan.

 

Telkom optimistis NeutraDC Nxera Batam akan menjadi pusat data terdepan. Pusat data yang menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi klien. Jangkauannya di level global. "Pusat data yang menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi klien kami di dalam dan di luar negeri," ujar Bogi.

Hal serupa dituturkan Direktur Strategic Portfolio Telkom Group, Budi Setyawan Wijaya. Ini sebuah langkah inovasi dari NeutraDC. Telkom berharap NeutraDC Nxera Batam akan menjadi pusat data yang tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini, tapi juga di masa depan.

"Investasi ini menunjukkan komitmen untuk mendorong transformasi digital yang berkelanjutan dan inovatif," ujar Budi.

photo
Seremoni Pemancangan Tiang (Piling), Pembangunan Data Center dengan Infrastruktur AI di Batam, Kamis (13/6/2024). - (Dok Republika)

Ekosistem data center berkelanjutan

CEO Nxera, Bill Chang, menyampaikan dukungan kemitraannya bersama NeutraDC Batam. Target dari kerja sama ini dapat mendorong batasan teknologi dan memberikan solusi data center yang optimal bagi kebutuhan pasar. Terlebih lagi, dengan rencana pembangunan yang siap untuk AI.

Nxeta ingin menjadi bagian dari transformasi digital ini. Pada saat yang sama, berkontribusi pada ekosistem data center yang inovatif dan berkelanjutan. Director & Chief Operating Officer PT Medco Power Indonesia, Imron Gazali, turut berbicara.

Ia menyampaikan rasa bangganya menjadi bagian dari akselerasi teknologi informasi bersama NeutraDC Nxera Batam. Medco mendukung pemenuhan pasokan listrik yang berasal dari energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan program transisi energi yang dicanangkan pemerintah dan MedcoEnergi Group untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060.

"Kita akan mempunyai masa depan cerah yang memainkan peranan penting ini," ujar Imron.

Dalam momen piling dan pembangunan data center dengan infrastruktur AI ini, NeutraDC Nxera Batam melakukan sejumlah MoU yang berkaitan dengan pengembangan talenta digital dan pengelolaan sumber daya alam. Pertama, kerja sama pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia dengan Politeknik Negeri Batam.

Melalui MoU dengan Politeknik Negeri Batam, NeutraDC akan melaksanakan berbagai program untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia, seperti penyusunan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi para mahasiswa, sharing informasi lowongan pekerjaan berikut rekrutmen karyawan, dan beberapa poin kerja sama lainnya yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya alam di industri data center.

Kedua, kerja sama dengan PT Kabil Indonusa Estate dalam penyediaan dan pemeliharaan kebutuhan air bersih untuk area pembangunan data center. Kerja sama ini berkaitan dengan penyediaan dan pemeliharaan air bersih di area data center NeutraDC yang berlokasi di kawasan Kabil Industrial Estate Terpadu di Batam.

"Ini lokasi yang strategis sebagai lapangan kerja di kawasan ekonomi khusus, akan memberikan efek kompetitif yang signifikan. Komitmen yang ada memungkinkan kami menghadirkan pusat data dengan kualitas luar biasa kepada pelanggan kami," ujar Chief Executive Officer NeutraDC Nxera Batam, Indrama Yusuf Muda Purba.

NeutraDC Nxera Batam siap memenuhi permintaan pasar pusat data untuk era Kecerdasan Buatan (AI). Dengan infrastruktur yang dirancang mendukung beban kerja AI yang berat dengan efisiensi tinggi, menjadikan NeutraDC sebagai solusi unggul dalam transformasi digital pelaku industri di Indonesia dan regional. Melalui kehadiran bangunan NeutraDC Nxera Batam, menambah lokasi hyperscale data center milik NeutraDC yang saat ini juga berada di Cikarang dan di negara tetangga, Singapura, dengan klasifikasi Tier III dan IV.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement