Rabu 12 Jun 2024 23:39 WIB

Ciptakan Agen Pembangunan Masa Depan, Tanoto Foundation Luncurkan Program Fellowship

Tanoto Foundation Fellowship Program terbuka untuk generasi muda maksimal 26 tahun

Tanoto Foundation  telah memberikan beasiswa kepada 8.167 mahasiswa di sembilan universitas mitra program Teladan di Indonesia. Para penerima beasiswa, kata dia, tidak hanya mendapatkan dukungan biaya kuliah penuh serta tunjangan hidup hingga semester 8, tapi juga dukungan pengembangan kepemimpinan dan karier.
Foto: dok Tanoto Foundation/Ronggo Astungkoro
Tanoto Foundation telah memberikan beasiswa kepada 8.167 mahasiswa di sembilan universitas mitra program Teladan di Indonesia. Para penerima beasiswa, kata dia, tidak hanya mendapatkan dukungan biaya kuliah penuh serta tunjangan hidup hingga semester 8, tapi juga dukungan pengembangan kepemimpinan dan karier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanoto Foundation meluncurkan Tanoto Foundation Fellowship Program. Program itu bertujuan untuk menciptakan aktor-aktor pembangunan di bidang pendidikan melalui kesempatan eksklusif untuk belajar dan terjun secara langsung ke dalam ekosistem pendidikan di daerah-daerah intervensi Tanoto Foundation selama 1 tahun penuh.

“Inisiatif baru ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan kami dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya di Indonesia," jelas Country Head Tanoto Foundation Indonesia Inge Kusuma, Selasa (11/6/2024).

Untuk tahun pertama, Tanoto Foundation Fellowship Program akan berfokus di bidang pendidikan sesuai dengan program-program yang sudah dijalankan oleh Tanoto Foundation selama ini. Para penerima program akan dibimbing oleh mentor-mentor berpengalaman, baik dari tim internal Tanoto Foundation maupun mitra-mitra pembangunan lainnya. 

“Saya harap program ini dapat menghasilkan para pemimpin yang handal, yang dapat meneruskan tongkat estafet pembangunan di masa depan, dan pemimpin yang dapat memberikan dampak positif serta berkelanjutan untuk kejayaan Indonesia,” kata Inge.

 

Deputi Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas Amich Alhumami mengatakan, mempersiapkan manusia-manusia unggul sama pentingnya dengan infrastruktur, ekonomi, dan sektor lainnya, bahkan menjadi kunci dalam pembangunan bangsa.

“Tanoto Foundation sejauh ini menjadi salah satu yang sudah menunjukan komitmen untuk fokus di pendidikan yang merupakan tulang punggung pembangunan bangsa. Kini melalui Tanoto Foundation Fellowship Program, kami harap lahir manusia-manusia unggul yang membantu pembangunan bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan," kata Amich.

Tanoto Foundation Fellowship Program terbuka untuk generasi muda maksimal 26 tahun yang sudah menyelesaikan pendidikan tinggi minimal setingkat sarjana. Peserta yang terpilih harus berkomitmen untuk mengikuti program Fellowship yang terdiri dari 5 tahapan.

Selain itu, peserta juga akan menghadiri kegiatan leadership camp untuk menajamkan nilai-nilai sebagai pemimpin dan pola pikir dampak yang berkelanjutan. 

Setelah progam selesai, peserta dapat terus berkontribusi dan melipatgandakan dampak untuk pembangunan Indonesia melalui organisasi atau tempat mereka bekerja, dan mereka juga dapat mengembangkan inisiatif atau usaha sosial milik sendiri. 

Selain itu, para Tanoto Fellows akan menjadi bagian dari Tanoto Foundation Fellows Network yang dapat dijadikan sebagai wadah belajar sepanjang hayat dan mitra kolaborasi. Pendaftaran Tanoto Foundation Fellowship Program dibuka hingga 6 Juli 2024 dan dapat diakses melalui bit.ly/TF-Fellowship2024.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement