Jumat 07 Jun 2024 17:49 WIB

Erick Minta Telkom dan Telkomsel Bersiap Hadapi Persaingan 

Telkom dan Telkomsel merupakan tulang punggung telekomunikasi Indonesia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN Erick Thohir mendorong Telkom dan Telkomsel mempersiapkan diri menghadapi perkembangen teknologi. (ilustrasi)
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir mendorong Telkom dan Telkomsel mempersiapkan diri menghadapi perkembangen teknologi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong PT Telkom dan PT Telkomsel untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan teknologi, termasuk kehadiran layanan internet Starlink. Erick menilai kehadiran Starlink dapat menjadi momentum bagi Telkom dan Telkomsel untuk melakukan akselerasi transformasi dan inovasi. 

"Kemungkinan dari satelit untuk langsung ke HP (handphone) itu akan selalu ada. Meski mungkin masih memerlukan proses, dari sisi bisnis maupun regulasi," ujar Erick di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Baca Juga

Erick meyakini Telkom dan Telkomsel memiliki kemampuan mumpuni untuk meningkatkan layanan internet kepada masyarakat. Untuk itu, Erick harus mengoptimalkan sumber daya agar mampu beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi terkini. 

"Ini sebuah peluang yang baik untuk Telkom dan Telkomsel agar mempersiapkan diri, apakah nanti bisa saja nanti meluncurkan satelit yang sama atau ada teknologi yang lain nanti," ucap Erick. 

 

Erick mengingatkan peran penting Telkom dan Telkomsel sebagai tulang punggung telekomunikasi Indonesia. Erick menyebut penguatan Telkom dan Telkomsel juga bentuk komitmen dalam mendukung kemandirian industri tanah air. 

"Jadi Telkom dan Telkomsel harus bersiap dalam menghadapi teknologi masa depan dan negara tentu berkewajiban menjaga industri lokal," kata Erick. 

Telkomsel siap adopsi Wifi 7

Sementara itu pada Kamis (6/6/2024) lalu, Telkomsel, mengumumkan kesiapannya sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang mampu menghadirkan teknologi Wifi 7 dan menawarkan kecepatan konektivitas bagi pelanggannya.

Hal itu dikuatkan dengan posisi Telkomsel yang telah melewati uji coba dan validasi teknologi Wifi 7 bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). "Menggandeng Kominfo dan sejumlah mitra teknologi global, kami terus berupaya menciptakan terobosan yang dapat menggerakkan kemajuan ekosistem digital dan transformasi industri telekomunikasi Indonesia," kata Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel Ronald Limoa dalam keterangan resminya, Kamis.

Sebagai evolusi terbaru dari teknologi Wifi, Wifi 7 yang diperkenalkan pada awal 2024 memiliki potensi untuk menyediakan kecepatan internet yang lebih tinggi, kapasitas pengguna yang lebih banyak, latensi yang lebih rendah, dan penghematan energi yang lebih baik dibandingkan generasi pendahulunya Wifi 6.

Dalam uji coba bersama dengan spesifikasi perangkat jenis Low Power Indoor (LPI) Telkomsel dan Kementerian Kominfo, fungsionalitas dan kapabilitas Wifi 7 telah menunjukkan kinerja dan stabilitas yang dapat meningkatkan pengalaman jaringan secara signifikan dan melampaui ekspektasi.

Melalui uji coba yang dilangsungkan bersama sejumlah mitra teknologi global, Telkomsel dan Kominfo telah meraih pencapaian signifikan dalam perjalanan Indonesia menuju era jaringan internet berkecepatan tinggi.

Mewujudkan Indonesia Digital 2045... (baca di halaman berikutnya)

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement